Indrasari menjelaskan ada beberapa dimensi dari brand image (Jannah dkk.,
2023), yaitu:
- Corporate Image (Citra Pembuat) merupakan sekumpulan asosiasi yang
dipersepsikan konsumen terhadap perusahaan yang membuat suatu barang atau
jasa. Citra pembuat meliputi: popularitas, kredibilitas, jaringan perusahaan, serta
pemakai itu sendiri atau penggunanya. - User Image (Citra Pemakai) merupakan sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan
konsumen terhadap pemakai yang menggunakan barang atau jasa yang meliputi
pemakai itu sendiri, serta status sosialnya. - Product Image (Citra Produk) merupakan sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan
konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang meliputi atribut dari produk,
manfaat bagi konsumen, serta jaminan.
Terdapat empat indikator citra merek yang dijelaskan (Apriani & Bahrun, 2021): - Atribut Produk (Product attribute).
- Citra Pemakai (User Image).
- Keuntungan Konsumen (Consumen benefits).
- Kepribadian Merek (Brand Personality).
No comments:
Post a Comment