Thursday, June 27, 2024

Faktor-Faktor yang mempengaruhi Brand Image

 


Kotler dan Keller menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi dan
membentuk citra merek (brand image), diantaranya (Sarah & Sutar, 2020):

  1. Kualitas (Quality), berkaitan dengan kualitas yang ditawarkan produsen baik
    barang maupun jasa. Dalam hal pendidikan mencakup kompetensi tenaga pendidik
    dan kapabilitas alumni serta keluasan dalam memperoleh pekerjaan.
  2. Bisa dipercaya (Trusted), berkaitan dengan pandangan atau pendapat yang tercipta
    oleh masyarakat atau konsumen terhadap suatu produk yang dikonsumsi.
  3. Manfaat (Profit), berkaitan dengan manfaat dari suatu produk barang atau jasa yang
    bisa digunakan konsumen.
  4. Pelayanan (Service), berkenaan perihal pelayanan yang melayani konsumen oleh
    pembuat atau produsen.
  5. Resiko (Consequence), berkaitan dengan efek yang mungkin dihadapi konsumen
    baik besar kecilnya akibat atau untung ruginya setelah konsumen atau mahasiswa
    memilih atau memutuskan suatu produk atau perguruan tinggi dalam pendidikan.
  6. Harga (Cost), berkaitan dengan sedikit atau banyaknya jumlah uang atau biaya
    untuk suatu produk yang dikeluarkan konsumen atau mahasiswa untuk menempuh
    pendidikan ke depannya.
  7. Citra yang dipunyai brand itu sendiri, berkaitan dengan pendapat, persepsi serta
    berita suatu produk dari merek tertentu.

No comments:

Post a Comment