Dalam melakukan promosiagar dapat berjalan efektif perlu adanya bauran promosi,
yaitu kombinasi yang optimal bagi berbagai jenis kegiatan atau pemilihan jenis kegiatan
promosi yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan.
Terdapat lima jenis bauran atau kegiatan promosi antara lain:
1.Periklanan (advertising )
- Penjualan Tatap Muka (personal selling)
- Publisitas (publicity)
- Promosi Penjualan (sales promotion)
- Pemasaran Langsung (direc marketing)
Menurut Rangkuti (2009) menyatakan sesuatu kegiatan tentu mempunyai
tujuan.Demikian juga, perusahaan melakukan kegiatan promosi dengan tujuan utamanya
untuk mencari laba. Pada umumnya kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan yang
bertujuan sebagai berikut : - Modifikasi tingkah laku
Tujuan promosi ini adalah berusaha untuk mengubah tingkah lakudan pendapat individu
tersebut,dari tidak menerima suatu produk menjadi setia terhadap produk dan penjual
selalu berusaha menciptakan kesanbaik tentang dirinya atau mendorong pembelian
barang-barang dan jasa perusahaan. - Memberitahu
Kegiatan promosi ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada pasar yang dituju
tentang pemasaran perusahaan,mengenai produk tersebut berkaitan dengan harga, kualitas,
syarat membeli, kegunaan, keistimewaan dan lain sebagainya. - Membujuk
Promosi seperti ini terutama untuk mendorong pembeli. Perusahaan tidak ingin
memperoleh tanggapan secepatnya, tetapi lebih mengutamakan untuk menciptakan kesan
positif.Hal ini dimaksudkan agar promosi dapat memberi pengaruh dalam waktu yang lama
terhadap perilaku pembeli. - Mengingatkan
Promosi ini dilakukan terutama untuk mempertahankan merek produk di hati masyarakat dan
dilakukan selama tahap kedewasaan dalam siklus kehidupan produk.