Untuk menjadi pelanggan yang loyal,
seorang pelanggan harus melalui beberapa tahapan. Griffin (2003:35) menyatakan bahwa
tahap-tahap tersebut adalah :
a.
Suspect
Meliputi semua orang yang mungkin
membeli produk atau jasa perusahaan. Kita menyebutnya sebagai suspect karena
yakin bahwa mereka akan membeli tapi belum tahu apapun mengenai perusahaan dan
barang/jasa yang ditawarkan.
b.
Prospect
Merupakan orang yang membutuhkan produk atau
jasa perusahaan dan memiliki kemampuan membeli. Meskipun prospect belum
melakukan pembelian, mereka telah mengetahui keberadaan perusahaan dan
barang/jasa yang ditawarkan, karena seseorang telah merekomendasikan
barang/jasa tersebut kepadanya.
c.
Disqualified
Prospects
Yaitu prospects yang telah mengetahui keberadaan barang atau jasa
tertentu. Tetapi tidak mempunyai kebutuhan akan barang/jasa tersebut, atau
tidak mempunyai kemampuan untuk membeli barang/jasa tersebut.
d.
First
Time Customers
Yaitu pelanggan yang membeli untuk
pertama kalinya. Mereka masih menjadi pelanggan yang baru dari barang/jasa
pesaing.
e.
Repeat
Customers
Yaitu pelanggan yang telah melakukan
pembelian suatu produk sebanyak dua kali atau lebih. Mereka adalah yang
melakukan pembelian atas produk yang sama sebanyak dua kali, atau membeli dua
macam produk yang berbeda dalam dua kesempatan yang berbeda pula.
f.
Client
Client
membeli semua barang atau jasa yang ditawarkan yang mereka butuhkan, serta
melakukan pembelian secara teratur. Hubungan dengan jenis pelanggan ini sudah
kuat dan berlangsung lama, yang membuat mereka tidak terpengaruh oleh tarikan
persaingan produk lain.
g.
Advocates
Advocates
membeli seluruh barang/jasa yang ditawarkan yang ia butuhkan, serta melakukan
pembelian secara teratur. Mereka juga mendorong orang lain agar membeli
barang/jasa tersebut. Dia membicarakan barang/jasa dan membawa pelanggan untuk
perusahaan tersebut.
No comments:
Post a Comment