Penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk
mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan
kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan
laba. Penjualan merupakan sumber hidup suatu perusahaan, karena dari penjualan
dapat diperoleh laba serta suatu usaha memikat konsumen yang diusahakan untuk
mengetahui daya tarik mereka sehingga dapat mengetahui hasil produk yang
dihasikan. Penjualan adalah suatu transfer hak atas benda-benda. Dari penjelasan
tersebut dalam memindahkan atau mentransfer barang dan jasa diperlukan
orang-orang yang bekerja dibidang penjualan seperti pelaksanaan dagang, agen,
wakil pelayanan dan wakil pemasaran.
Menurut Kotler dan Keller (2014) pengertian
penjualan adalah : proses sosial manajerial dimana individu dan kelompok
mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan, menciptakan, menawarkan, dan
mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Penjualan adalah
kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi atau memuaskan kebutuhan dan
keinginan melalui proses pertukaran. (Assauri, 2002) Suatu kesatuan usaha yang
dinamis yang terdiri dari berbagai bagian yang berkaitan secara teratur, dan
berusaha mencapai suatu tujuan adalah pengertian dari sistem. Jadi pengertian
sstem penjualan adalah suatu kesatuan usaha transfer hak atas benda-benda yang
diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan
laba atau keuntungan.
Menurut Sumarni (2003), penjualan dapat di bedakan
menjadi :
a.
Penjualan
Langsung, yaitu suatu proses membantu dan membujuk satu atau lebih calon
konsumen untuk membeli barang atau jasa atau bertindak sesuai ide tertentu
dengan menggunakan komunikasi tatap muka.
b.
Penjualan
Tidak Langsung, yaitu bentuk presentase dan promosi gagasan barang dan jasa
dengan menggunakan media tertentu seperti surat kabar, majalah, radio,
televisi, papan iklan, brosur dan lain-lain.
Swastha (2010), menerangkan bahwa terdapat beberapa
jenis penjualan yang biasa dikenal dalam masyarakat diantaranya adalah:
a.
Trade Selling, penjualan yang terjadi bilamana produsen dan pedagang besar
mempersilahkan pengecer untuk berusaha memperbaiki distribusi produk mereka.
Hal ini melibatkan para penyalur dengan kegiatan promosi, peragaan, persediaan
dan produk baru, jadi titik beratnya adalah para penjualan melalui penyalur
bukan pada penjualan ke pembeli akhir.
b.
Missionary Selling, penjualan berusaha ditingkatkan dengan mendorong pembeli untuk membeli
barang dari penyalur perusahaan.
c.
Technical Selling, berusaha meningkatkan penjualan dengan pemberian saran dan nasihat
kepada pembeli akhir dari barang dan jasa.
d.
New Business Selling, berusaha membuka transaksi baru dengan membuat
calon pembeli menjadi pembeli seperti halnya yang dilakukan perusahaan
asuransi.
e.
Responsive Selling, setiap tenaga penjual diharapkan dapat memberikan reaksi terhadap permintaan pembeli melalui route driving
and retaining. Jenis penjualan ini tidak akan menciptakan penjualan yang besar,
namun terjalin hubungan pelanggan yang baik yang menjurus pada pembelian ulang.
No comments:
Post a Comment