Monday, January 28, 2019

Inovasi Pelayanan Publik (skripsi dan tesis)





Menurut Yogi dalam LAN (2007:113), Inovasi di sektor publik adalah salah satu jalaatau bahkan breakthrough untuk mengatasi kemacetadakebuntuan organisasi di sektor publik. Karakteristik dari sistem di sektor publik kaku harus mampu  dicairka melalui  penulara buday inovasi.  Inovasi  yan biasanya





ditemukan di sektor bisnis kini mulai diterapkan dalam sektor publik. Budaya inovasi harus dapat dipertahankadan dikembangkadengan lebih baik. Hal ini tidak terlepas dari dinamika eksternal dan tuntutan perubahan yang sedemikiacepat, yang terjadi di luar organisasi publik. Selain itu perubahan di masyarakat juga begitu penting sehingga demikian, maka sektor publik dapat menjadi sektor yandapat mengakomodasi dan merespon secara cepat setiap perubahan yang terjadi.



Menurut Yogi dalam LAN (2007) secara khusus inovasi dalam lembaga publik dapat didefinisikan sebagai penerapan (upaya membawa) ide-ide baru dalam implementasi, dicirikan oleh adanya perubahan langkah yancukup besar, berlangsung lama dan berskala cukup umum sehingga dalam proses implementasinya berdampak cukup besar terhadap organisasi dan tata hubungan organisasi. Inovasi dalam pelayanan publik mempunyai ciri khas, yaitu sifatnyyanintangible karena inovasi layanan dan organisasi tidak semata berbasis pada produk yang dapat dilihat melainkan pada perubahan dalam hubungan pelakunyayaitu antara service provider dan service receiver (user), atau hubungan antar berbagabagian di dalam organisasi atau mitra sebuah organisasi.

Menurut Yogi dalam LAN (2007), ditinjau secara lebih khusus, pengertian inovasi dalam pelayanan publik bisa diartikan sebagai prestasi dalam meraih, meningkatkan dan memperbaiki efektivitas, efisiensi dan akuntabilitas pelayanan publik yang dihasilkan oleh inisiatif pendekatan, metodologi dan atau alat baru dalam pelayanan masyarakat. Dengan pengertian ini, inovasi pelayanan publik tidak harus diartikan sebagai upaya menyimpang dari prosedur, melainkan sebagai





upaya dalam mengisi menafsirkan damenyesuaikaaturan mengikuti keadaan setempat.

Prose kelahira suatu  inovasi,  bisa  didorong  ole bermaca situasi.  Secara umum inovasi dalam layanan publik ini bisa lahir dalam bentuk inisiatif, seperti:
1.    Kemitraan dalam penyampaian layanan publik, baik antara pemerintah dan pemerintah, sektor swasta dan pemerintah.
2.    Penggunaan teknologi informasi untuk komunikasi dalam pelayanan publik.

3.    Pengadaan    atau    pembentukan    lembaga    layanan    yang    secara    jelas meningkatkaefektivitas layanan (kesehatan, pendidikan, hukum dan keamanamasyarakat).

Maka inovasi pelayanan publik dapat penulis simpulkan sebagai terobosan jenis pelayanan baik yang merupakan ide kreatif original dan/atau adaptasi atau modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat. Inovasi pelayanan publik sendiri tidak mengharuskan suatu penemuan baru, tetapi dapat merupakan suatu pendekatabaru yang bersifat kontekstual.

No comments:

Post a Comment