Monday, January 28, 2019

Prinsip Pelayanan Publik (skripsi dan tesis)




Menurut  Sulistio  da Budi  (2009:39)  pelayana publik  yan diberika oleh

Birokrasi hendaknya berdasarkaprinsip-prinsip dasar berikut ini:

1.    Rasional, efektif dan efisien yang dilakukan melalui manajemen terbuka.

2.    Ilmiah, berdasarkan kajian dan penelitian serta didukung oleh cabang-cabang ilmu pengetahuan lainnya.
3.    Inovatif,   pembaruan   yang   dilakukan   terus-menerus   untuk   menghadapi lingkungan yang dinamis, berubah dan berkembang.
4.    Produktif, berorientasi kepada hasil kerja yang optimal.

5.    Profesionalisme, penggunaan tenaga kerja profesional, terampil dalam istilah

“The Right Man in The Right Pleace.

6.    Penggunaan teknologi modern yang tepaguna.





Islamy dalam Sulistio dan Budi (2009:41) menyatakan bahwa pelayanan publik harus dilaksanakan oleh Birokrasi Pemerintah berdasarkan kepada prinsip-prinsip pelayanaprima berikut ini:
1.    Appropriateness (kesesuaian)

2.    Accesibility (keterjangakauan)

3.    Continuity (keberlanjutan)

4.    Technically (teknis)

5.    Profitability (menguntungkan)

6.    Equitability (adil)

7.    Transparency (terbuka)

8.    Accountability (bertanggungjawab)

9.    Effectiveness and Efficiency (efektif daefisien)



Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penyelenggaraan publik harus memenuhi prinsip yanrasional, ilmiah, inovatif, produktif, profesional dan penggunaan teknologi yang tepat guna. PT. PLN (Persero) Rayon Way Halim diharapka mampu  menerapkan  prinsip-prinsip  tersebut  aga berhasil menjalankan inovasi pelayanan yang telah diciptakannya.

No comments:

Post a Comment