Kata integrasi (integration) berarti pencampuran, pengkombinasian
dan perpaduan. Integrasi biasanya dilakukan terhadap dua hal atau lebih, dan
masing-masing dapat saling mengisi (Woodford, 2003). Hasil yang di harapkan
dari kurikulum terintegrasi adalah interconnected
curriculum atau interdependent curriculum
ditunjukkan oleh beberapa hal, yaitu (1) penggabungan (fusion) beberapa topik menjadi satu serta (2) memasukkan sub
disiplin keilmuan ke dalam induknya menjadi satu kesatuan (within one subject).
(3) menghubungkan satu topik dengan pengetahuan-pengetahuan lain yang sedang
dipelajari oleh mahasiswa tetapi berbeda jam. Hal ini diistilahkan Drake dengan
multidisciplinary. (4), mempelajari satu topik dengan menggunakan berbagai
perspektif dalam waktu bersamaan. Ini disebut Drake dengan istilah interdicplinary. Misalnya, topik
lingkungan dijelaskan melalui perspektif budaya, geografi, biologi, sosial,
agama dan sebagainya. Langkah keempat tersebut cenderung mengedepankan
pendekatan perbandingan (comparative
perspective). (5) transdiciplinary, yaitu mengaitkan suatu topik dengan
nilai-nilai, peristiwa, isu-isu terkini (current issues) yang sedang
berkembang.
No comments:
Post a Comment