Thursday, March 23, 2023

Faktor-faktor Lingkungan Kerja

 


Sedarmayanti dalam Chonstantia (2015) mengungkapkan bahwa
faktor yang berkaitan dengan lingkungan organisasi untuk mendukung
keberhasilan dan kemajuan perusahaan yaitu hubungan kerja, tingkat
kebisingan lingkungan kerja, peraturan kerja, penerangan, siklus udara,
serta keamanan, yang akan dijabarkan sebagai berikut :
1. Hubungan Kerja
Hubungan kerja merupakan seluruh instrumen sumber daya manusia
yang ada dalam perusahaan yang menciptakan menciptakan suasana,
iklim, dan hubungan kerja yang kondusif agar tercapainya pekerjaan
yang efisien dalam prosedur pelaksanaan.
2. Tingkat Kebisingan Lingkungan Kerja
Kebisingan lingkungan kerja adalah semua bunyi atau suara yang tidak
dikehendaki yang dapat mengganggu konsentrasi kerja. Sifat suatu
kebisingan ditentukan oleh intensitas suara, frekuensi suara, dan waktu
terjadinya kebisingan.
3. Peraturan Kerja
Peraturan merupakan tahapan dalam tata kerja tentang bagaimana
mengelola sebuah pekerjaan, yang mengandung pengertian tentang apa,
untuk apa, dan bagaiman pekerjaan harus diselesaikan sehingga 
membentuk suatu pola yang dapat dengan tepat menyelesaikan sebuah
pekerjaan.
4. Penerangan
Penerangan yang baik adalah penerangan yang memungkinkan tenaga
kerja melihat pekerjaan dengan teliti, cepat dan tanpa upaya yang tidak
perlu. Penerangan yang cukup dan diatur secara baik juga akan
membantu menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman.
5. Siklus Udara
Untuk memberikan kenyamanan selama bekerja, udara di tempat kerja
harus mempunyai sirkulasi yang baik. Apabila udara di tempat bekerja
tidak bersirkulasi secara optimal maka akan mempercepat proses
kelelahan dan mengganggu kinerja.
6. Keamanan
Lingkungan yang tidak aman sering juga dipicu oleh adanya kelalaian
pengawas maupun manager dalam mengawasi. Kondisi ini harus
diperhatikan karena untuk menjaga tempat dan kondisi lingkungan
kerja agar tetap aman

No comments:

Post a Comment