MDS atau penetapan skala
multidimensi merupakan sebuah kelas prosedur untuk merepresentasikan
persepsi dan preferensi responden secara spasial dengan menggunakan sebuah tampilan visual. MDS juga dikenal
sebagai pemetaan persepsi, yaitu berhubungan dengan pembuatan map untuk menggambarkan
posisi sebuah obyek dengan obyek lainnya berdasarkan kemiripan obyek–obyek
tersebut. MDS dapat juga diaplikasikan ke dalam rating subyektif dalam perbedaan
(dissimilarity) antara obyek atau konsep. Lebih lanjut teknik ini dapat mengolah data yang
berbeda dari berbagai sumber yang berasal dari responden. Teknik MDS dapat digunakan
untuk mengidentifikasi dimensi-dimensi yang menggambarkan persepsi konsumen (Malhotra, 2004).
Analisis multidimensional scaling
(MDS) adalah suatu kelas prosedur untuk menyajikan persepsi dan
preferensi pelanggan secara spasial dengan menggunakan tayangan yang biasa dilihat. Analisis penskalaan
multidimensional scaling dipergunakan di dalam pemasaran untuk mengenali
(mengidentifikasi) hal-hal berikut(Supranto,2004):
1. Banyaknya
dimensi dan sifat/cirinya yang dipergunakan untuk mempersepsikan merek yang berbeda di
pasar.
2. Penempatan
(positioning) merek yang diteliti dalam dimensi ini.
3. Penempatan
merek ideal dari pelanggan dalam dimensi ini.
Informasi
sebagai hasil analisis penskalaan MDS telah dipergunakan untuk berbagai aplikasi pemasaran,
antara lain sebagai berikut:
1.
Ukuran citra (image
measurement).
Membandingkan
persepsi pelanggan dan bukan pelanggan dari perusahaan dengan persepsi perusahaan
sendiri.
2.
Segmentasi pasar
(market segmentation).
3.
Pengembangan produk
baru (new product development). Melihat
adanya celah (gap) dalam peta spasial yang menunjukkan adanya peluang untuk penempatan produk
baru.
4.
Menilai keefektifan
iklan (assesing advertising effectiveness).
Peta
spasial digunakan untuk menentukan apakah iklan/advertensi telah berhasil di dalam mencapai
penempatan merek yang diinginkan.
5.
Analisis harga (pricing
analysis).
Peta
spasial dikembangkan dengan dan tanpa informasi harga dapat dibandingkan untuk menentukan dampak
yang ditimbulkan harga.
6.
Keputusan saluran
(channel decisions).
Pertimbangan
pada kecocokan dari merek toko dengan eceran yang berbeda dapat mengarah ke peta
spasial yang berguna untuk keputusan saluran.
7.
Pembentukan skala sikap
(attitude scale construction).
Teknik
MDS dapat dipergunakan untuk mengembangkan dimensi yang cocok dan pengaturan ruang sikap.
No comments:
Post a Comment