Setiap perusahaan sejatinya pasti memiliki misi jangka panjang yang ingin
dicapai. Oleh sebab itu perusahaan ingin agar setiap karyawawnnya melakukan
tugasnya dengan baik, agar sesuai dengan standar yang diinginkan oleh perusahaan.
Yang perusahaan peprlu perhatikan ialah kinerja karyawan itu sendiri, apakah
kinerja karyawannya baik atau tidak. Shore dalam Katiningsih (2007)
mendefinisikan kinerja sebagai “the extent og actual, work performed by individual”
atau sampai sejauh mana kerja actual yang diperlihatkan oleh seorang individu.
Kinerja merupakan suatu hasil yang dicapai oleh pekerja dalam melakukan
pekerjaannya menurut kriteria tertentu yang berlaku untuk suatu pekerjaan tertentu.
Istilah kinerja berasal dari kata Job Performance atau Actual Performance
yang berarti prestasi kerja atau prestasi sesungguhnya yang dicapai seseorang.
Kinerja mempunyai makna yang lebih luas, bukan hanya menyatakan hasil kerja,
tetapi juga bagaimana proses kerja berlangsung. Kinerja adlah tentang melakukan
dan hasil yang dicapai dari pekerjaan tersebut. Menurut (Sedarmayanti, 2011)
definisi kinerja merupakan terjemahan dari performance yang berarti hasil kerja
seorang pekerja, sebuah proses manajemen atau suatu organisasi secara
keseluruhan, dimana hasil kerja tersebut harus dapat ditunjukkan buktinya secara
konkrit dan dapat diukur (dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan).
Amstrong dan Baron (dalam Wibowo, 2014) mengemukakan bahwa kinerja
merupakan hasil pekerjaan yang mempunyai hubungan kuat dengan tujuan strategis
organisasi, kepuasan konsumen, dan memberikan kontribusi pada ekonomi.
Dengan demikian kinerja adalah tentang melakukan pekerjaan dan hasil yang
dicapai dari pekerjaan tersebut. Kinerja adalah tentang apa yang dikerjakan dan
bagaimana cara mengerjakannya. Kinerja adalah tingkat pencapaian hasil dalam
rangka mewujudkan tujuan perusahaan (Rivai, Mansyur, Muthis, & Arafah, 2015).
Kasmir (2016: 182) kinerja adalah hasil kerja dan perilaku kerja yang telah
dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas dan tanggung jawab yang diberikan
dalam satu periode tertentu. Kinerja dapat diukur dari kemampuan seseorang dalam
menyelesaikan tugas-tugas dan tanggung jawab yang diberikan.
Moehoeriono (2014: 60-61) pengertian kinerja merupakan gambaran
mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu program kegiatan atau kebijakan
dalam mewujudkan sasaran, tujuan, visi dan misi organisasi yang dituangkan
melalui perencanaan strategis suatu organisasi, kinerja dapat diketahui dan diukur
jika individu atau sekelompok karyawan telah mempunyai kriteria atau standar
keberhasilan tolak ukur yang ditetapkan oleh organisaasi. Kinerja seorang tenaga
kerja atau karyawan dalam suatu organisasi atau institusi kerja, dipengaruhi oleh
banyak faktor, baik faktor dari dalam diri karyawan itu sendiri maupun dari
lingkungan atau prganisasi kerja itu sendiri