Menurut Firmansyah (2019: 65-66) merek memiliki beberapa jenis, yaitu
sebagai berikut:
- Product brand
Branding produk merupakan hal yang paling umum dalam branding.
Merek atau produk yang sukses adalah produk yang mampu mendorong
konsumen untuk memilih produk miliknya di atas produk-produk
pesaing lainnya. - Personal brand
Personal branding merupakan alat pemasaran yang paling populer di
kalangan publik figure seperti politisi, musisi, selebriti, dan lainnya,
sehingga mereka memiliki pandangan tersendiri di mata masyarakat. - Corporate brand
Corporate branding penting untuk mengembangkan reputasi sebuah
perusahaan di pasar, meliputi semua aspek perusahaan tersebut mulai
dari produk/jasa yang ditawarkan hingga kontribusi karyawan mereka
terhadap masyarakat. - Geographic brand
Geographic branding atau regional bertujuan untuk memunculkan
gambaran dari produk atau jasa ketika nama lokasi tersebut disebutkan
oleh seseorang. - Cultural brand
Cultural brand mengembangkan reputasi mengenai lingkungan dan
orang-orang dari lokasi tertentu atau kebangsaan