Sunday, June 23, 2024

Jenis Brand

 


Menurut Firmansyah (2019: 65-66) merek memiliki beberapa jenis, yaitu
sebagai berikut:

  1. Product brand
    Branding produk merupakan hal yang paling umum dalam branding.
    Merek atau produk yang sukses adalah produk yang mampu mendorong
    konsumen untuk memilih produk miliknya di atas produk-produk
    pesaing lainnya.
  2. Personal brand
    Personal branding merupakan alat pemasaran yang paling populer di
    kalangan publik figure seperti politisi, musisi, selebriti, dan lainnya,
    sehingga mereka memiliki pandangan tersendiri di mata masyarakat.
  3. Corporate brand
    Corporate branding penting untuk mengembangkan reputasi sebuah
    perusahaan di pasar, meliputi semua aspek perusahaan tersebut mulai
    dari produk/jasa yang ditawarkan hingga kontribusi karyawan mereka
    terhadap masyarakat.
  4. Geographic brand
    Geographic branding atau regional bertujuan untuk memunculkan
    gambaran dari produk atau jasa ketika nama lokasi tersebut disebutkan
    oleh seseorang.
  5. Cultural brand
    Cultural brand mengembangkan reputasi mengenai lingkungan dan
    orang-orang dari lokasi tertentu atau kebangsaan

No comments:

Post a Comment