Sunday, June 23, 2024

Tujuan Brand

 


Tujuan dari merek atau brand mencakup tujuan akhir dari bisnis yaitu
pendapatan serta citra brand yang baik dipasaran. Merek dapat menjadi identitas
bagi bisnis atau perusahaan yang dapat dijadikan sebagai pembeda dengan yang
lainnya. Berikut ini merupakan beberapa tujuan dari merek menurut Firmansyah
(2019: 26-28) :

  1. Membangun kesadaran merek (brand awareness)
    Tujuan dari kesadaran adalah mendominasi pasar dan mempermudah
    proses penjualan.
  2. Menciptakan koneksi emosional
    Ketika konsumen membeli produk atau jasa berdasarkan perasaan atau
    hubungan maka telah menimbulkan koneksi yang baik. Menciptakan
    hubungan emosional dengan konsumen merupakan hal yang penting dari
    strategi branding.
  3. Membedakan produk
    Ketika konsumen telah memahami mengapa produk dan jasa berbeda
    dengan yang lain atau bahkan lebih baik maka konsumen akan selalu
    memiliki alasan untuk membeli produk. Hal ini akan membuat produk
    pada posisi yang aman karena konsumen akan selalu memiliki alasan
    yang jelas untuk membeli produk.
  4. Menciptakan kredibilitas dan kepercayaan
    Pada dasarnya brand atau merek adalah reputasi yang dihasilkan dari
    janji yang telah dibuat dan dirawat secara konsisten. Hal ini dapat
    menciptakan pengakuan dari pasar dan konsumen akan mampu mengenal
    brand name dan simbol visual seperti logo, warna, kemasan atau produk.
    Selain itu, brand akan memiliki otoritas yang tinggi sehingga produk akan
    sulit dikalahkan oleh pesaing.
  5. Memotivasi pembelian
    Brand merupakan alat pemasaran yang efektif dan efisien untuk
    membangun minat, gengsi, motivasi dan daya tarik pembelian bagi
    konsumen. Bahkan konsumen akan tetal termotivasi untuk membeli
    produk sekalipun produk belum diluncurkan dipasaran. Dengan motivasi
    pembelian maka akan menciptakan loyalitas merek sehingga pelanggan
    akan setia untuk membeli produk-produk yang diperjualkan atau
    ditawarkan

No comments:

Post a Comment