Fungsi dari brand adalah untuk membedakan hasil produksi yang
dihasilkan seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama. Menurut
Firmansyah (2019: 54-56) fungsi dari brand adalah:
- Identity
Identitas merek adalah apa yang dimaksud oleh merek dan bagaimana
hal tersebut dirasakan. Identity dari sebuah brand adalah kata-kata,
pikiran, dan gambaran yang muncul di benak ketika konsumen terlibat
dengan brand dan bagaimana hal itu bisa membuat konsumen
merasakannya. - Trust
Kepercayaan dianggap sebagai cara yang paling penting dalam
membangun dan memelihara hubungan dengan konsumen dalam jangka
panjang. Hal ini menjelaskan bahwa kepercayaan merupakan dasar
penting terciptanya hubungan antara penjual dengan pembeli. - Design
Dengan membuat design brand dapat memilih dari ratusan template
yang dapat disesuaikan dengan brand sehingga menunjukkan jati diri
brand atau produk. - Value
Nilai suatu brand sama saja dengan membicarakan masa depan brand.
Semakin kuat nilai brand, risiko kegagalannya semakin kecil. - Strategy
Produsen, distributor atau pedagang pengecer dapat melakukan strategi
brand sebagai berikut: Individual Branding/Merek Individu dan Familiy
Branding/Merek Keluarga - Logo
Logo adalah lambang atau simbol brand dari sebuah bisnis. - Marketing
Dengan adanya merek yang membuat produk yang satu beda dengan
yang lain diharapkan akan memudahkan konsumen dalam menentukan
produk yang akan dikonsumsinya berdasarkan berbagai pertimbangan
serta menimbulkan kesetiaan terhadap suatu merek (brand loyalty). - Advertising
Untuk membangun mereknya sendiri harus sesuai dengan nilai-nilai
yang diusung. Aktivitas kampanye iklan yang dilakukan harus konsisten
dan secara hati-hati, terutama jika sedang dalam tahap pembangunan
brand
No comments:
Post a Comment