Sunday, June 23, 2024

Fungsi Brand

 


Fungsi dari brand adalah untuk membedakan hasil produksi yang
dihasilkan seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama. Menurut
Firmansyah (2019: 54-56) fungsi dari brand adalah:

  1. Identity
    Identitas merek adalah apa yang dimaksud oleh merek dan bagaimana
    hal tersebut dirasakan. Identity dari sebuah brand adalah kata-kata,
    pikiran, dan gambaran yang muncul di benak ketika konsumen terlibat
    dengan brand dan bagaimana hal itu bisa membuat konsumen
    merasakannya.
  2. Trust
    Kepercayaan dianggap sebagai cara yang paling penting dalam
    membangun dan memelihara hubungan dengan konsumen dalam jangka
    panjang. Hal ini menjelaskan bahwa kepercayaan merupakan dasar
    penting terciptanya hubungan antara penjual dengan pembeli.
  3. Design
    Dengan membuat design brand dapat memilih dari ratusan template
    yang dapat disesuaikan dengan brand sehingga menunjukkan jati diri
    brand atau produk.
  4. Value
    Nilai suatu brand sama saja dengan membicarakan masa depan brand.
    Semakin kuat nilai brand, risiko kegagalannya semakin kecil.
  5. Strategy
    Produsen, distributor atau pedagang pengecer dapat melakukan strategi
    brand sebagai berikut: Individual Branding/Merek Individu dan Familiy
    Branding/Merek Keluarga
  6. Logo
    Logo adalah lambang atau simbol brand dari sebuah bisnis.
  7. Marketing
    Dengan adanya merek yang membuat produk yang satu beda dengan
    yang lain diharapkan akan memudahkan konsumen dalam menentukan
    produk yang akan dikonsumsinya berdasarkan berbagai pertimbangan
    serta menimbulkan kesetiaan terhadap suatu merek (brand loyalty).
  8. Advertising
    Untuk membangun mereknya sendiri harus sesuai dengan nilai-nilai
    yang diusung. Aktivitas kampanye iklan yang dilakukan harus konsisten
    dan secara hati-hati, terutama jika sedang dalam tahap pembangunan
    brand

No comments:

Post a Comment