Thursday, May 9, 2024

Pengertian pelayanan

 


Pelayanan merupakan salah satu ujung tombak dari upaya pemuasan
pelanggan dan sudah merupakan keharusan yang wajib dioptimalkan
baik oleh individu maupun organisasi, karena dari bentuk pelayanan yang
diberikan tercemin kualitas individu atau organisasi yang memberikan
pelayanan.
Pada hakikatnya pelayanan merupakan sebuah rangkaian kegiatan, maka
dari itu proses melayani itu harus berlangsung secara rutin dan tidak
putus-putus. Proses dalam pelayanan itu dilakukan sehubungan dengan
agar terpenuhinya semua keputusan antara pemberi dan penerima
pelayanan. Menurut Sinambela (2011) mengemukan bahwa Pelayanan
adalah setiap aktivitas yang memberikan keuntungan dalam sebuah
perkumpulan atau kelompok, dan menawarkan kepuasan meskipun
hasilnya tidak terikat pada suatu produk secara fisik.
Menurut Ratminto dan Atik (2003) “Pelayanan adalah suatu proses
bantuan kepada orang lain dengan cara-cara tertentu yang memerlukan
kepekaan dan hubungan profesional agar terciptanya kepuasan dan
keberhasilan, setiap pelayanan menghasilkan (produk), baik berupa
barang dan jasa. Hasil pelayanan berupa jasa tidak dapat diiventarisasi,
ditumpuk, atau digunakan melainkan hasil tersebut diserah secara
langsung kepada pelanggan atau konsumen. Dalam hal pelayanan
diberikan dengan tidak optimal maka pelayanan tidak dapat diulangi,
karena pelayanan diberikan secara langsung kepada pelanggan.
Berdasarkan beberapa pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa
pelayanan adalah kegiatan atau aktivitas yang diberikan oleh pemberi
pelayanan sehingga dapat dirasakan oleh penerima layanan melalui
hubungan antara penerima dan pemberi pelayanan yang menggunakan
peralatan berupa organisasi atau lembaga perusahaan.

No comments:

Post a Comment