Monday, January 30, 2023

Hubungan Perilaku Kewirausahaan dengan Keberhasilan Usaha (skripsi,tesis,disertasi)

 


Mengenai pengaruh perilaku kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha
menurutSuryana ( 2003:63 ), ”Orang yang berhasil dalam wirausaha adalah orang
yang dapat membentuk Perilaku Kewirausahaan”. Maka untuk mencapai
Keberhasilan usaha maka pengusaha harus mempunyai Perilaku Kewirausahaan.
Sebab itu Perilaku Kewirausahaan mutlak dikembangkan melalui
pendidikan, latihan, lokakarya, dan kesempatan. Kesempatan memperoleh
wawasan yang lebih luas. Berdasarkan pendapat para ahli dan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa perilaku kewirausahaan berpengaruh dalam menentukan
keberhasilan usaha. Sehingga para pengusaha dalam menentukan usahanya
dituntut untuk memiliki perilaku kewirausahaan

Hubungan Kemampuan Manajerial dengan Keberhasilan Usaha (skripsi,tesis,disertasi)

 


Kemampuan manajerial adalah salah satu unsur penting pendukung keberhasilan
usaha, karena maju mundurnya suatu usaha terletak ditangan manajer, jika
manajer mampu mengambil keputusan dan kebijakan yang benar dalam
menjalankan usahanya maka usaha itu mempunyai peluang yang besar untuk maju
dan berkembang, tapi jika manajer mengambil keputusan dan kebijakan yang
salah maka kemungkinan besar pula usaha itu akan mengalami kemunduran atau
bahkan akan mengalami kebangkrutan.
Seperti yang dikemukakan oleh Yuyun Wirasasmita (2003) bahwa“Faktor internal
yang paling penting yang mempengaruhi keberhasilan usaha adalah
kewiraswastaan dan manajerial”

Indikator Keberhasilan Usaha (skripsi,tesis,disertasi)

 


Menurut Murphy and Pack (2000:8) ciri wirausaha yang sukses adalah
sebagai berikut:
1. Mau Kerja Keras (Capacity for Hard Work)
Kerja keras merupakan modal dasar untuk keberhasilan seseorang. Sikap
kerja keras harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Dalam hal ini,
unsur disiplin memainkan peranan penting.
2. Bekerjasama dengan Orang Lain (Getting Things Done With and Through
People)
Seorang wirausahawan mudah bergaul, disenangi oleh masyarakat.
Sehingga memudahkan dalam suksesi usahanya.
3. Penampilan yang Baik (Good Appearance)
Ini bukan berarti penampilan body faceyang elok atau paras cantik. Akan
tetapi lebih ditekankan pada penampilan perilaku jujur, disiplin.
4. Yakin (Self Confidence)
Kita harus memiliki keyakinan diri bahwa kita akan sukses melakukan
suatu usaha. Self confidence ini diimplementasikan dalam tindakan seharihari, melangkah pasti tekun.
5. Pandai Membuat Keputusan (Making Sound Decision)
Jika anda dihadapkan alternatif, harus memilih, maka buatlah
pertimbangan yang matang. Dengan berbagai alternatif yang ada dalam
pikirannya ia akan mengambil keputusan yang terbaik.
6. Mau Menambah Ilmu Pengetahuan (College Education)
Pendidikan adalah hal yang penting dalam menjalankan kepemimpinan.
Karena ilmu dapat menambah skill sehingga kepemimpinan dapat terarah
dengan baik.
7. Ambisi Untuk Maju (Ambition Drive)
Karena keberhasilan tidak dapat dicapai dengan mudah, gigih dalam
berjuang untuk maju dan pantang untuk berputus asa adalah modal utama
dalam berwirausaha.
8. Pandai Berkomunikasi (Ability to Communicate)
Pandai berkomunikasi berarti pandai mengelola buah pikiran kedalam
bentuk ucapan-ucapan yang jelas, menggunakan tutur kata yang enak
didengar, mampu menarik perhatian orang lain. Komunikasi yang baik,
diikuti dengan perilaku jujur, konsisten dalam pembicaraan akan dsangat
membantu seseorang dalam mengembangkan karir masa depannya.
Akhirnya dengan keterampilan berkomunikasi itu seseorang dapat
mencapai puncak karir.

Pengertian Keberhasilan Usaha (skripsi,tesis,disertasi)

 


Seperti yang kita ketahui bahwa keberhasilan tidak mungkin diraih dengan
begitu saja, tetapi harus melalui beberapa tahapan . Menurut Suryana (2001:38-
39) mengemukakan bahwa untuk menjadi wirausaha atau pengusaha yang sukses
pertama–tama harus memiliki ide atau visi bisnis (busisess vision) kemudian ada
kemauan dan keberanian untuk menghadapi resiko baik waktu maupun uang.
Langkah selanjutnya yang sangat penting adalah dengan membuat perencanaan
usaha, pengorgganisasian dan menjalankanya. Berikut dikemukakan beberapa
pengertian keberhasilan usaha menurut para ahli:
Menurut Hari Lubis dikutip Panigoro (2010:42)
“Keberhasilan usaha adalah sebagai suatu prestasi yang berhasil diraih
oleh suatu perusahaan dari satu periode ke periode berikutnya”.
Untuk melihat dan mengukur tingkat keberhasilan suatu usaha berikut ini
terdapat beberapa teori yang mengemukakan beberapa alat ukur dan aspek yang
menjadi alat evaluasinya hal tersebut diantaranya adalah:
Menurut Van Horne (2000:77-774 )
“Keberhasilan usaha dapat dilihat dari kemampulabaan atau profitabilitas,
dapat di ukur dengan 2 tipe yaitu rasioprofitabilitas dalam hubungan
penjualan(sales) dan profitabilitas dalam hubungan dengan investasi”.
Dan salah satu kriteria untuk mencapai keberhasilan usaha adalah dengan
efisiensi, yaitu apabila sudah tercapai tingkat kemampulabaan (profitabilitas) yang
tinggi, menurut Sri Wiludjeng SP (2007:4) menyatakan bahwa:
“Yang di maksud efisien adalah kemampuan untuk menyelesaikan
pekerjaan dengan benar (doing the thing right). Efisien dihitung dengan
membandingkan antara input yang dipergunakan dengan output yang
dihasilkan’’ .
Dengan demikian manajer yang efisien adalah manajer yang mampu
meminimumkan penggunaan input untuk mencapai output tertentu sehingga dapat
mencapai kemampulabaan.
Untuk lebih jelasnya berikut di paparkan kemampulabaan menurut Agus
Sartono(2001:130) menyatakan bahwa :
“Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan memperoleh laba dalam
hubungannya dengan penjualan dan total aktiva maupun modal sendiri”.
Sedangkan Murphy and Pack (2000:8) yang menyatakan bahwa “Ciri
wirausaha yang sukses adalah mau kerja keras (Capacity for Hard Work),
bekerjasama dengan orang lain (Getting Things Done With and Through People),
penampilan yang baik (Good Appearance), yakin (Self Confidence), pandai
membuat keputusan (Making Sound Decision), mau menambah ilmu pengetahuan
(College Education), ambisi untuk maju (Ambition Drive), pandai berkomunikasi
(Ability to Communicate).

Indikator Perilaku Kewirausahaan (skripsi,tesis,disertasi)

 


Menurut BN. Marbun (2000:63) sikap dan perilaku yang harus dimiliki
seorang wirausahawan adalah sebagai berikut .
1. Percaya diri
Orang yang tinggi percaya dirinya adalah orang yang sudah matang
jasmani dan rohaninya. karakteristik kematangan seseorang adalah ia tidak
tergantung pada orang lain, dia memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi,
obyektif, dan kritis. Dia tidak begitu saja menyerap pendapat orang lain,
tetapi dia mempertimbangkan secara kritis. Emosionalnya boleh dikatakan
sudah stabil, tidak gampang tersinggung dan naik pitam. Juga tingkat
sosialnya tinggi, mau menolong orang lain, dan yang paling tinggi lagi
ialah kedekatannya dengan Khaliq sang pencipta, Allah Swt. Diharapkan
wirausahaan seperti ini betul-betul dapat menjalankan usahanya secara
mandiri, jujur, dan disenangi oleh semua relasinya.
2. Berorientasi pada Tugas dan Hasil
Orang ini tidak mengutamakan prestise terlebih dulu, prestasi kemudian.
Akan tetapi, ia gandrung pada prestasi baru baru kemudian setelah
berhasil prestisenya akan naik. Anak muda yang selalu memikirkan
prestise lebih dulu dan prestasi kemudian, tidak akan mengalami
kemajuan.
3. Pengambilan Resiko
Watak selalu menyenangi tantangan dalam wirausaha seperti persaingan,
harga turun naik, barang tidak laku, dan sebagainya harus dihadapi dengan
penuh perhitungan. Jika perhitungan sudah matang, membuat
pertimbangan dari segala macam segi, maka berjalanlah terus dengan tidak
lupa berlindung kepada-Nya.
4. Kepemimpinan
Sifat kepemimpinan memang ada dalam diri masing-masing individu.
Namun sekarang ini, sifat kepemimpinan sudah banyak dipelajari dan
dilatih. Ini tergantung kepada masing-masing individu dalam
menyesuaikan diri dengan organisasi atau orang yang ia pimpin.
5. Keorsinilan
Sifat orsinil ini tentu tidak selalu ada pada diri seseorang. Yang dimaksud
orsinil disini ialah ia tidak mengekor pada orang lain , tetapi memiliki
pendapat sendiri , ada ide yang orsinil, ada kemampuan untuk
melaksanakan sesuatu.
6. Berorientasi ke Masa Depan
Sifat berorientasi ke masa depan ini harus selalu ada dalam setiap
pimpinan usaha agar usahanya dapat terus berlanjut dan dengan seiring
berjalannya waktu produktivitas perusahaan dapat terus meningkat.

Pengertian Perilaku Kewirausahaan (skripsi,tesis,disertasi)

 


Perilaku adalah operasionalisasi dan aktualisasi sikap seseorang atau suatu
kelompok dalam atau terhadapsesuatu (situasi dan kondisi) lingkungan (alam,
masyarakat, teknologi dan organisasi). Sementara sikap adalah operasionalisasi
dan aktualisasi pendirian. Menurut Talizaduhu Ndrahayang dikutip oleh Yanti
Maemunah (2004:20)Perilaku dalam ilmu jiwa didefinisikan sebagai ”kegiatan
organisme yang dapat diamati oleh organisme lain atau oleh berbagai instrumen
penelitian, yang termasuk dalam perilaku adalah laporan verbal mengenai
pengalaman subjektif yang didasari”. Tingkah laku atau Perilaku seorang individu
terbentuk karena adanya suatu interaksi antara seorang individu dengan
lingkungannya.
Menurut PO Sunarya (2010:33) “Wirausahawan adalah orang yang
mempunyai usaha sendiri. Wirausahawan adalah orang yang berani membuka
kegiatan produktif yang mandiri. Sikap dan Perilaku sangat dipengaruhi oleh sifat
dan watak yang dimiliki oleh seseorang. Sifat dan watak yang baik, berorientasi
pada kemajuan dan positif merupakan sifat dan watak yang dibutuhkan oleh
seorang wirausaha agar wirausaha tersebut dapat maju / sukses” .
Menurut Kasmir (2011:28) sikap dan perilaku pengusaha dan seluruh
karyawannya merupakan bagian penting dalam etika wirausaha. Oleh karena itu,
dalam praktiknya sikap dan perilaku yang harus ditunjukkan oleh pengusaha dan
seluruh karyawan, terutama karyawan di customer service, sales, teller, dan
satpam harus sesuai dengan etika yang berlaku. Sikap dan tingkah laku
menunjukkan kepribadian karyawan suatu perusahaan. Sikap dan perilaku ini
harus diberikan sama mutunya kepada seluruh karyawan tanpa pandang bulu.

Fungsi Manajemen (skripsi,tesis,disertasi)

 


Manajemen oleh para ahli dibagi atas beberapa fungsi. Pembagian fungsi –
fungsi manajemen ini tujuannya adalah supaya sistematika urutan pembahasan
lebih teratur, agar analisis pembahasan lebih mudah dan lebih mendalam. Dan
untuk menjadikan pedoman pelaksanaan proses manajemen bagi manajer.
Perlengkapan fungsi–fungsi manajemen diakui oleh para ahli berbeda.
Namun kenyataannya itu tidaklah manjadi permasalahannya terhadap proses
pencapaian tujuan perusahaan yang efektif dan efisien. Dalam penelitian ini
penulis mengambil fungsi–fungsi manajemen yang dikemukakan oleh Siagian,
yaitu yang meliputi fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan
fungsi pengendalian.
a. Fungsi Perencanaan
Keberhasilan suatu perusahaan sangat di tentukan oleh pelaksanaan
manajemen yang baik dalam istilah manajemen tersebut sangatlah membutuhkann
suatu perencanaan. perencanaan adalah tugas manajer dimulai dengan menetapkan
tujuan dan kemudian mengatur strategi, kebijakan, dan metode utnuk
mencapapainya. Dengan perencanaan manajer menetapkan tindakan, cara, waktu,
pelaksana yang akan melaksanakan rencana. Perencanaan membantu perusahaan
meningkatkan posisi kompetitif perusahaan, Perencanaan tersebut tentu saja
bukan suatu peristiwa tanggal dengan awal dan akhir yang serba jelas.
Perencanaan itu malah merupakan suatu proses yang terus berlanjut yang
mencerminkan dan menyesuaikan diri dengan perubahan–perubahan baik dalam
lingkungan langsung maupun lingkungan kekuatan tidak langsung. Untuk tetap
berada dipuncak suatu perusahaan harus mengevaluasi kendali rencanarencananya dan menetapkan suatu jalan ke masa yang akan datang. Hal ini sesuai
dengan pendapat G.R Terry (2000) yang mengemukakan bahwa:
“Perencanaan adalah memilih dan menghubungkan fakta-fakta dan
membuat serta menggunakan asumsi-asumsi mengenai masa datang
dengan jalan menggambarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan yang
diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan”
Tanpa adanya perencanaan berarti semua orang yang berada di dalam
suatu organisasi bekerja secara acak dan kurang teratur serta tidak mempunyai
standar yang jelas. Proses awal perencanaan dimulai dari penetapan tujuan
kemudian merici berbagai cara. Teknik dan tujuan yang telah di rumuskan dapat
dicapai sepenuhnya dan semakin jauh pencapaian tujuan dari yang direncanakan
berarti tujuan efektif.
b. Fungsi Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah tahap berikutnya setelah planning. Untuk itu
manajer perlu memperhatikan konsep-konsep organisasi serta wewenangwewenang yang dapat di delegasikan atau tidak. Dari proses pengorganisasian ini
akan di peroleh stuktur organisasi, untuk itu perlu pula dikemukakan bentuk –
bentuk organisasi serta kelebihan dan kelemahan setiap bentuk organisasi. Tugas
pengorganisasian adalah mengharmoniskan suatu kelompok orang-orang yang
berbeda, mempertemukan macam-macam kepentingan dan memanfaatkan
kemampuan kesemuanya ke suatu arah tertentu.
Menurut G.R Terry, pengorganisasian adalah (Sri Wiludjeng SP 2007:92)
“Organizing is the establising of efective behavirol relationships among
person so that they may work to gether efficiently and gain personal
satisfaction in doing selected tasks under given environ mental can ditions
for the purpose of achieving some goal or abjective”
“Pengorganisasian adalah tindakan mengusahakan hubungan-hubungan
kelakuan yang efektif antara orang-orang. Sehingga mereka dapat bekerja
sama secara efisien dengan demikian memperoleh kepuasan pribadi dalam
hal melaksanakan tugas-tugas tertentu dalam kondisi lingkungan tertentu
guna mencapai tujuan atau sasaran tertentu”
Jadi dalam uraian di atas terjadi suatu proses pembagian kerja yang
kemudian hasilnya dikoordinasikan untuk mencapai tujuan tertentu. Seorang
manajer harus dapat menempatkan setiap pekerjaan sesuai dengan kecakapan
yang dimiliki sehingga pencapaian tujuan dapat lebih efektif dan efisian.
c. Fungsi Penggerakan/ Pelaksanaan
Penggerakan merupakan fungsi fludamental atau terpenting dalam
manajemen, sebab perencanaan yang telah di susun dan di organisasikan harus
dilaksanakan secara seksama. Oleh karena itu tugas pimpinan adalah seluruh
potensi yang ada untuk dapat berfungsi menjalankan seluruh kegiatan agar tujuan
dapat tercapai. Ini sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh G.R Terry,
(Malayu S.P Hasibuan 2000:187) bahwa:
“Penggerakan adalah membuat semua anggota kelompok, agar mau
bekerjasama dan bekerja secara ikhlas serta bergairah untuk mencapai
tujuan sesuai dengan perencanaan dan usaha-usaha pengorganisasian”
Pengertian di atas menekankan bahwa perggerakan merupakan suatu
kegiatan yang dilakukan oleh manajer untuk membimbing, mengarahkan, dan
mengatur segala kegiatan karyawan yang telah diberi tugas dalam melaksanakan
suatu kegiatan usaha dengan demikian, seorang manajer harus mampu
menggerakan karyawanya dengan cara memberikan motivasi, mengerti akan
hubungan pribadi dan aktifitas kelompok dalam menyelesaikan pekerjaanya.
Dengan sendirinya setiap manajer harus berusaha agar anggota organisasi
menyukai pekerjaaan dengan mau berusaha sekuat tenaga untuk menggunakan
kemampuan dan keterampilan dengan disiplin yang tinggi sehingga dapat
mencapai efisiensi dan efektifitas kerja didalam fungsi manajemen ini berkaitan
pula dengan penggunaan sumber daya manusia. Oleh karena itu seorang manajer
dalam memanfaatkan kemampuan yang dimiliki oleh sumber daya manusia dalam
usaha mencapai tujuan perusahaan adalah dengan memberikan motivasi agar
karyawan mau bekerja dengan sukarela sesuai dengan keinginannya. Hal ini
sesuai dengan pendapat Campbell dalam Winardi (2002:4)menyatakan bahwa :
“Motivasi berhubungan dengan (1) pengarahan perilaku, (2) kekuatan
reaksi setelah seseorang karyawan telah memutuskan arah tindakantindakan tertentu, dan (3) persistensi perilaku, atau berapa lama orang yang
bersangkutan melanjutkan pelaksanaan perilaku dengan cara tertentu”.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa seorang manajer
dapat memanfaaatkan kemampuan pekerjanya dengan cara memotivasi sehingga
para pekerja tersebut mau melakukan tindakan sesuai dengan tujuan yang telah
ditetapkan.
d. Fungsi Pengendalian
Aktivitas pengendalian merupakan proses untuk menjamin bahwa tujuan
perusahaan akan tercapai. Pengendalian pada hakekatnya merupakan usaha
memberikan petunjuk para pelaksana agar mereka selalu bertindak sesuai dengan
rencana. Menurut Harold Kootz, (Umi Narimawati 2003:296) adalah sebagai
berikut:
“Control is the meansurement and corection of the ferformance of
subordinates in order to make sure that enterprice ibjectives and the plans
devised to attain the are accomplised”
“Pengendalian adalah pengukuran dan perbaikan terhadap pelaksanaan
kerja bawahan, agar rencana-rencana yang telah dibuat untuk mencapai
tujuan-tujuan perusahaan dapat diselenggarakan”
Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa tujuan pengendalian di
harapkan agar para pelaksana membatasi tindakan-tindakan mencapai tujuan
sedemikian rupa sehingga tidak begitu menyimpang dari yang diperbolehkan.
Pengendalian menjadi siklus fungsi manajemen lengkap dan membawa organisasi
ke perencanaan. Makin jelas, lengkap dan terkoordinir