Krisis komunikasi adalah komunikasi antara organisasi dan public
Sebelumnya, selama, dan setelah krisis. Komunikasi ini dirancang melalui
program untuk meminimalkan kerusakan pada gambar Organisasi (Prayudi 1998:
38). Ketika perusahaan mengalami krisis, kebutuhan akan informasi Tentang
krisis terus meningkat. Ini karena itu terkait dengan berbagai Kepentingan publik
perusahaan. Perusahaan publik yang memilikinya Bunga akan merasa khawatir
ketika perusahaan mengalami krisis. Kekhawatiran ini dapat menyebabkan
kemungkinan tindakan membahayakan perusahaan, seperti penarikan modal,
penarikan investor dan dll. Menurut Coombs (1994) di Prayudi, (1998: 39) Ada
lima strategi yang biasanya digunakan dalam komunikasi krisis, yaitu:
1. Non-Existence strategies
Strategi ini diterapkan oleh perusahaan sebenarnya tidak mengalami krisis,
tetapi ada desas-desus bahwa perusahaan itu Menghadapi krisis. Bentuk
pesan dapat berupa penolakan, Penjelasan disertai dengan alasan (klarifikasi),
serang penyebar Rumor (serangan), dan mengancam Hukum
2. Distance Strategies.
Digunakan oleh perusahaan yang mengenali keberadaan krisis dan mencoba
melemahkan hubungan antara perusahaan dan Krisis yang terjadi. Bentuk
pesan bisa menjadi penolakan itu Perusahaan tidak bermaksud melakukan
hal-hal negatif dan penolakan kemauan dan klaim itu Kerusakan yang terjadi
tidak serius (justifikasi).
3. Ingratitation Strategis.
Strategi ini digunakan oleh perusahaan dalam mencari Dukungan publik.
Bentuk pesan bisa diingat publik akan menjadi hal-hal positif yang dilakukan
perusahaan, Tempatkan krisis dalam konteks yang lebih besar, dan katakana
Hal-hal baik dilakukan oleh publik (memuji orang lain).
4. Mortifiation Strategies.
Perusahaan mencoba meminta maaf dan menerima kenyataan Itu memang
krisis. Bentuknya bisa dalam bentuk kompensasi kepada korban, minta maaf
kepada publik, dan Ambil tindakan untuk mengurangi krisis.
5. Strategi Surffering.
Perusahaan menunjukkan bahwa ia juga menderita Korban dan mencoba
untuk mendapatkan dukungan publik dan simpati.