Thursday, May 9, 2024

Dimensi Electronic Service Quality

 


Dimensi dari Electronic Service Quality yang dikemukan oleh
Zeithaml, Parasuraman dan Maholtra (2002) adalah sebagai berikut :

  1. Information availability and content : berkaitan dengan ketersedian
    pada website apakah informasi yang dibutuhkan dijelaskan terdapat
    pada situs atau tidak terdapat pada situs tersebut.
  2. Ease of use (usability) : meliputi fasilitas pencarian, kecepatan dalam
    pengunduhan dokumen, layout dari situs yang digunakan oleh
    pengguna.
  3. Privacy (security): mencakup segala hal yang berhubungan dengan
    keamanan data pribadi, melindungi hak anonimitas selama
    penggunaan dari website tersebut. Hal ini penting untuk diperhatikan
    mengingat data pribadi dapat menjadi celah dari cyber crime.
  4. Graphic style : meliputi layout ukuran gambar, warna, jumlah gambar
    atau animasi pada website.
  5. Fulfillment : tingkat akurasi dalam memproses dan waktu pengiriman
    pesanan serta tingkat ketepatan penggambaran produk pada website
    (Wolfinbarger & Gilly, 2003).
  6. Communication : meliputi komunikasi antara organisasi dengan
    publik melalui aplikasi yang dilakukan secara lancar.
  7. Reliability : meliputi kehandalan dan ketepatan informasi yang
    diberikan pihak organisasi melalui aplikasi.
  8. Responsiveness : kecepatan respon atau tanggapan yang diberikan atas
    adanya suatu permintaan melalui aplikasi
  9. Delivery : tata cara dalam menyampaikan informasi dari organisasi
    kepada publik seperti keramahan dan kesopanan yang diberikan.

No comments:

Post a Comment