Thursday, May 9, 2024

Peningkatan Service Quality

 


Agar kualitas pelayanan dapat ditingkatkan, menurut Berry dan
Purnama (2006: 39), terdapat langkah-langkah yang dapat diterapkan,
yaitu :
1) Mendengarkan Konsumen (Listening)
Service Quality Information System (SQIS) merupakan salah satu
sistem dimana sistem akan terus menerus menjadi pendegar dan
mengumpulakan setiap informasi konsumen
2) Keandalan (Reliability), merupakan dimensi dari penilaian kualitas
oleh konsumen
3) Pelayanan Inti (Basic Service), dapat dilakukan dengan menggunakan
survei untuk memahami kebutuhan dari konsumen
4) Desain pelayanan (Service Design), elemen-elemen dapat dibagi
secara bersama-sama
5) Pemulihan (Recovery), bentuk dari adanya umpan balik ketika
konsumen tidak puas seperti penyampaian keluhan
6) Surprasing customer, bentuk dari pemberian kesempatan dan
kehormatan kepada client
7) Fair Play, merupakan bentuk komunikasi yang jelas dan jujur serta
fasilitas yang nyaman dan responsif

No comments:

Post a Comment