Thursday, May 9, 2024

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelayanan Publik

 


Jika pelayanan publik diberikan secara optimal dan baik, hal
tersebut dapat meningkatkan citra dari organisasi dimata masyarakat
sehingga pelayanan pada akhirnya mampu memberikan kepada
masyarakat berupa rasa kepuasan terhadap pelayanan.
Faktor utama yang dikemukakan Kasmir (2006:3) dalam
mempengaruhi pelayanan adalah Sumber Daya Manusia (SDM) dalam
hal pelayanan karyawan merupakan faktor utama dari pelayanan
tersebut. Hal lainnya yang dikemukakan oleh Atep Adya Barata
(2003:37), terdapat dua bagian dari kualitas pelayanan yaitu secara
internal dan secara eksternal. Pada faktor internal kualitas pelayanan
dapat berupa pola umum manajemen organisasi, penyediaan fasilitas
pendukung, pengembangan SDM, keselarasan dan iklim kerja serta
pola dari insentif. Pada faktor eksternal, kualitas pelayanan dipengaruhi
oleh faktor alur penyediaan layanan, dan pola pelayanan dari distribusi,
penjualan dan penyampaian jasa.

No comments:

Post a Comment