Thursday, May 9, 2024

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelayanan Publik

 


Suatu pelayanan yang komprehensif yang diberikan oleh pegawai pemerintah
dapat dilakukan dengan memperhatikan unsur-unsur dari pelayanan tersebut yaitu
pada saat terjadinya suatu interaksi antara pegawai pemerintah sebagai pemberi
pelayanan dengan mahasiswa sebagai konsumen dari pelayanan yang diberikan.
Menurut Moenir (2002: 88) faktor-faktor yang mendukung pelayanan,
sebagai berikut:

  1. Faktor Kesadaran yaitu kesadaran para pejabat serta petugas yang berkecimpung
    dalam kegiatan pelayanan. Kesadaran para pegawai pada segala tingkatan
    terhadap tugas yang menjadi tanggungjawabnya dapat membawa dampak yang
    sangat positif terhadap organisasinya.
  2. Faktor Aturan yaitu aturan dalam organisasi yang menjadi landasan kerja
    pelayanan. Aturan ini mutlak kebenarannya agar organisasi dan pekerjaan dapat
    berjalan teratur dan terarah, oleh karena itu harus dipahami oleh organisasi yang
    berkepentingan/bersangkutan.
  3. Faktor Organisasi merupakan alat serta sistem yang memungkinkan berjalannya
    mekanisme kegiatan pelayanan dalam usaha pencapaian tujuan.
  4. Faktor Pendapatan yaitu pendapatan pegawai yang berfungsi sebagai pendukung
    pelaksanaan pelayanan. Pendapatan yang cukup akan memotivasi pegawai dalam
    melaksanakan pekerjaan dengan baik.
  5. Faktor Keterampilan Tugas yaitu kemampuan dan keterampilan petugas dalam
    melaksanakan pekerjaan. Ada tiga kemampuan yang harus dimiliki, yaitu
    kemampuan manajerial, kemampuan teknis dan kemampuan untuk membuat
    konsep.
  6. Faktor Sarana yaitu sarana yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas atau
    pekerjaan layanan. Sarana ini meliputi peralatan, perlengkapan, alat bantu dan
    fasilitas lain yang melengkapi seperti fasilitas komunikasi.

No comments:

Post a Comment