Sunday, May 5, 2024

Faktor Pendukung Inovasi Pelayanan Publik

 


Menurut laporan United Nation’s Department of Economic and Social Affairs
(UNDESA) dalam Yogi Suwarno (2008: 11), keharusan sektor publik berinovasi
karena alasan-alasan berikut:
1) Demokratisasi. Fenomena demokratisasi telah menyebar ke seluruh dunia,
melewati batas-batas kedaulatan, ideologi dan politik bangsa-bangsa.
2) Perjanjian internasional/ glocalization. Perjanjian internasional sebagai bagian
dari konsekuensi globalisasi dan interaksi antar bangsa dalam rangka
kerjasama.
3) Brain drain. Fenomena human capital flight yang terjadi dari negara
berkembang ke negara maju, sehingga terjadi ketidak-seimbangan persebaran
sumberdaya manusia unggulan. Alhasil kesenjangan sosial, ekonomi dan politk
antara negara maju dengan negara berkembang semakin melebar.
4) Negara pasca konflik, demokrasi dan ekonomi transisi. Beberapa negara baru
saja melewati masa konflik dan instabilitas politik akibat perang atau friksi
kepentingan politik dalam negeri. Saat ini mulai mengadopsi sistem demokrasi
serta mengalami transisi.
5) Moral pegawai negeri. Moralitas menjadi salah satu isu integritas pegawai
dalam penataan birokrasi yang lebih baik.
6) Sumber baru persaingan: privatisasi dan outsourcing. Privatisasi dan
outsourcing adalah fenomena organisasional yang telah merambah sektor
publik sejak lama. Hal ini berdampak pada perubahan struktur, budaya kerja
dan lingkungan dinamis organisasi.

No comments:

Post a Comment