Thursday, May 9, 2024

Mal Pelayanan Publik

 


Mal Pelayanan Publik dirancang oleh KEMENPAN RB sebagai
bagian dari perbaikan menyeluruh dan transformasi tata kelola pelayanan
publik. Menggabungkan berbagai jenis pelayanan pada satu tempat,
penyederhanaan dan prosedur serta integrasi pelayanan pada Mal Pelayanan
Publik akan memudahkan akses masyarakat dalam mendapat berbagai jenis
pelayanan, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada
penyelenggara pelayanan publik.
Dengan diselenggarakannya MPP di Kabupaten dan kota
memudahkan masyarakat dalam hal administrasi hingga perizinan karena
dilakukan dalam satu tempat, hadirnya MPP juga merupakan strategi dari
pemerintah untuk mendukung kegiatannya dalam fungsi ekonomi karena
dapat mempermudah dan mempercepat setiap izin, khususnya izin-izin usaha
yang dimana dapat menggerakan ekonomi nasional.
Sebelum ada Mal Pelayanan Publik, masyarakat lebih awam dengan
Pelayanan Terpadu Satu Atap dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Namun,
fasilitas pelayanannya lebih sempit bila dibandingkan dengan Mal Pelayanan
Publik.

  1. Pelayanan Terpadu Satu Atap
    Pola pelayanan terpadu satu atap diselenggarakan dalam satu tempat
    yang meliputi berbagai jenis pelayanan yang tidak mempunyai
    keterkaitan proses dan dilayani melalui beberapa pintu. Terhadap jenis
    pelayanan yang sudah dekat dengan masyarakat tidak perlu di satu
    atapkan
  2. Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    Pola pelayanan terpadu satu pintu diselenggarakan pada satu tempat
    yang meliputi berbagai jenis pelayanan yang memiliki keterkaitan proses
    dan dilayani melalui satu pintu.

No comments:

Post a Comment