Wednesday, March 17, 2021

Pengaruh Sikap Terhadap Minat Beli Konsumen (skripsi dan tesis)


Pemasaran melalui iklan menggunakan selebriti sebagai endorser dapat membantu perusahaan untuk mempermudah dalam mencapai tujuan pemasaran dengan menciptakan efek positif pada sikap konsumen dan minat beli terhadap merek  produk. Hoekman (2013;245). Endorser iklan biasanya adalah selebriti terkenal atau yang memiliki keahlian, kesadaran, daya tarik, dan yang dapat mengirimkan pesan produk untuk menarik perhatian konsumen dalam waktu singkat dan meningkatkan minat pembelian konsumen Chi,dkk (2007; 304). Semua perusahaan pastinya mengharapkan dengan adanya bintang iklan tersebut dapat membuat konsumen terpikat dan percaya pada produk yang di iklankan, sehingga dapat mendorong masyarakat untuk membelinya

Pengaruh Daya Tarik Terhadap Minat Beli Konsumen (skripsi dan tesis)


Konsumen cenderung membentuk kesan positif, dan lebih percaya terhadap selebriti sebagai bintang iklan karena daya tarik yang dimiliki oleh selebriti tersebut, sehingga dapat mempengaruhi minat beli konsumen. Menurut Shimp (2003;465) dalam Heruwati (2010;51) Selebriti memiliki daya tarik dalam berbagi cara, yang menarik berbagai khalayak sasaran untuk melakukan keputusan pembelian dan menentukan minat beli konsumen. Daya tarik bukan hanya berarti daya tarik fisik, meskipun daya tarik bisa menjadi atribut yang sangat penting tetapi meliputi sejumlah karakteristik yang dapat dilihat khalayak dalam diri pendukung, kecerdasan, sifat-sifat kepribadian, gaya hidup, dan keatletisan postur tubuh

Pengaruh Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen (skripsi dan tesis)


Kepercayaan merupakan konstruk yang merefleksikan kredibilitas, Ganesan dalam Aydin dan Ozer (2005;137) dalam Paramitha (2010;22) dimana kemampuan untuk mempengaruhi orientasi jangka pelanggan dengan mengurangi persepsi atas resiko yang berhubungan dengan tingkah oportunistik bagi perusahaan, menurut Khan ( 2008;95 ) kepercayaan yang di miliki endorser juga mempunyai peran penting dalam mempengaruhi minat beli konsumen

Pengaruh Keahlian Terhadap Minat Beli Konsumen (skripsi dan tesis)


Keahlian Endorser memberikan dorongan khusus bagi konsumen untuk menjalin ikatan relasi saling menguntungkan, ikatan emosional seperti ini memungkinkan endorser untuk memahami dengan seksama harapan dan kebutuhan spesifik konsumen. Sedangkan menurut Ermec (2014;175) dalam Utami (2011; 21). juga menemukan bahwa hanya keahlian yang memiliki pengaruh positif pada minat pembelian Menurut Schiffman dan Kanuk dialihbahasakan oleh Zulkifli Kasip (2006:340), dari semua karakteristik positif yang dimiliki oleh seorang selebriti bagi kampanye program iklan suatu perusahaan; ketenaran, talenta, karisma; kredibilitas bagi konsumen adalah yang paling penting. Dengan kredibilitas yang dimaksudkan adalah keahlian (expertise), sejauh mana selebriti mengetahui produk atau jasa yang diiklankannya. Kelayakan untuk dipercaya (trustworthiness), seberapa jujur yang dikatakan oleh selebriti tersebut mengenai produk yang diiklankannya.Setelah celebrity endorser menyampaikan pesan iklan tersebut, maka yang menentukan untuk mendapatkan tanggapan atau respon yang maksimal dari khalayak sasaran dalam keinginan untuk membeli suatu produk

Pengaruh Daya Tarik Terhadap Sikap Konsumen (skripsi dan tesis)


 Untuk menampilkan pesan iklan yang mampu membujuk, mampu membangkitkan dan mempertahankan ingatan konsunmen akan produk yang ditawarkan, diperlukan daya tarik bagi pemirsa sasarannya. Menurut Belch dan Belch (2004:168) dalam Kiswati (2010;32) daya tarik iklan mengacu pada pendekatan yang digunakan endorser untuk mendapatkan perhatian konsumen dan mempengaruhi sikap mereka terhadap produk atau jasa yang mereka tawarkan. Sedangkan bagaimana daya tarik tersebut diubah menjadi pesan iklan untuk dipresentasikan kepada pemirsa maupun konsumen sasaran disebut the  creative execution style. Daya tarik iklan sangat penting karena akan meningkatkan keberhasilan komunikasi dengan konsumen ,Yusuf dan Afiff (2007; 59)

Pengaruh Kepercayaan Terhadap Sikap Konsumen (skripsi dan tesis)

 

Rasa percaya antara konsumen dan endorser perlu dipelihara guna menjaga hubungan dengan pelanggan. Hal ini nantinya akan menimbulkan kepercayaan pelanggan dan akhirnya akan tercipta kesetiaan pelanggan. Menurut Hoekman ( 2013;205 ) kepercayaan konsumen mengacu pada integritas dan kepercayaan pada endorser, jika konsumen percaya selebriti endorser dalam menyampaikan iklan , sikap konsumen pada produk dan iklan yang di perankan akan meningkat begitu juga sebaliknya

Pengaruh Keahlian Terhadap Sikap konsumen (skripsi dan tesis)


Untuk dapat meyakinkan konsumen Endorser biasanya didukung oleh pengetahuan lebih dan keterampilan sehingga mereka dapat menjadi faktor yang   penting dalam mempengaruhi sikap konsumen. Beberapa peneliti juga percaya bahwa endorser dengan keahlian akan lebih kuat daripada endorser yang memiliki daya tarik fisik saja. Seorang pendukung iklan yang dianggap sebagai seorang yang ahli dalam subjek tertentu akan lebih perseuasif di dalam merubah sikap konsumen Hoekman (2013;198).