Observasi yang dilakukan Miller selama 14 tahun pada berbagai perusahaan di Amerika yang dikutip dalam Sutrisno (2010;16-20), Disimpulkan setidaknya ada delapan nilai budaya organisasi / perusahaan yaitu :
1. Asas Tujuan
Perusahaan yang paling berhasil ialah yang menetapkan tujuannya untuk menghasilkan produk dan jasa yang bermanfaat bagi pelanggannya, dan yang dapat membangkitkan semangat dan motivasi kerja para karyawannnya.
2. Asas Konsensus
Suatu perusahaan yang sukses dimasa depan ialah yang pimpinannya berhasil membuat kearifan bersama dalam membuat keputusan yaitu keputusan bersama yang dibuat sebaik mungkin.
3. Asas Keunggulan
Keunggulan merupakan semangat yang menguasai kehidupan dan jiwa seseorang atau perusahaan. Keunggulan hanya dapat dicapai sebagai hasil dari kemampuan mempelajari dan menanggapi keadaan lingkungannya dengan cara-cara yang kreatif dan produktif.
4. Asas Kesatuan
Untuk menciptakan persatuan dan kesatuan, tidak lagi terpecah-pecah dalam kelas secara tradisional. Waktunya para karyawan berpartisipasi dalam manajemen dan melakukan pekerjaan yang produktif karena tuntutan dunia perusahaan era sekarang ini.
5. Asas Prestasi
Perlaku yang dihargai akan meningkatkan prestasi, menghargai prestasi karyawan dapat dilakukan dalam bentuk bermacam-macam sebagai bentuk imbalan yang harus didistribusikan atas dasar prestasi. Imbalan-imbalan ini adalah bentuk biaya bagi perusahaan tetapi akan kembali dalam bentuk laba yang disebabkan oleh prestasi yang dibeikan oleh karyawan.
6. Asas Empiri
Keberhasilan perusahaan dimasa yang akan datang dan juga saat ini tergantung pada kemampuan untuk berfikir realistik, jelas, kritis, dan kreatif. Untuk itu diperlukan data nyata yang perlu diketahui dan dilihat oleh para karyawan, dapat disusun dalam bentuk statistik dan dapat dianalisis untuk keperluan pengambilan keputusan.
7. Asas Keakraban
Keakraban adalah kemampuan berbagi rasa dengan cara yang utuh dan penuh percaya, yang pada gilirannya akan memberikan penghargaan yang tulus dan penuh perhatian mengenai kepentingan pribadi yang bersangkutan, keakraban memungkinkan timbulnya kepercayaan, pengorbanan, dan loyalitas. 8. Asas Integrasi Organisasi yang memiliki integritas dapat memperoleh kepercayaan dari pihak lain, integritas sangat diperlukan dalam perusahaan era sekarang ini karena integritas dapat menimbulkan kekuatan untuk menciptakan dan memobilisasi energi luar.
No comments:
Post a Comment