Wednesday, March 17, 2021

Tujuan Periklanan (skripsi dan tesis)


Tujuan periklanan merupakan tugas komunikasi yang spesifik dan tingkat pencapaian untuk diselesaikan oleh audiens yang spesifik dalam periode yang spesifik pula. Tujuan periklanan dapat dikelompokkan sesuai dengan tujuannya yaitu untuk menginformasikan, membujuk, mengingatkan atau menguatkan kembali Kotler ( 2006:120). 1. Informative advertising Iklan ini biasanya dilakukan besar-besaran pada tahap awal suatu jenis produk, ini dilakukan untuk membentuk permintaan pertama. 2. Purposive advertising Hal ini digunakan untuk permintaan selektif untuk merek-merek tertentu. Iklan ini berupaya mengembangkan pilihan pada merek tertentu. Bahkan beberapa iklan persuasif membentuk keunggulan suatu merek melalui  perbandingan atribut spesifik dengan satu atau beberapa merek lain dikelas produk yang sama. 3. Reminder advertising Iklan ini bertujuan untuk menstimulasi pembelian barang dan jasa secara berulang atau terus-menerus dengan berupaya melekatkan nama atau merek produk tertentu di benak khalayak. 4. Reinforcement advertising Tujuannya adalah untuk menyakinkan pembeli bahwa pembelian yang sedang dilakukannya saat ini merupakan pilihan yang tepat. Di berbagai jenis iklan, maka pilihan tujuan iklan tergantung pada situasi pemasaran yang terjadi. Apakah pemasar baru meluncurkan produknya, atau akan memelihara kelangsungan produknya

Periklanan (skripsi dan tesis)


Periklanan adalah segala bentuk penyajian non-personal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran Kotler (2006 ;124). Melihat definisi diatas, iklan merupakan promosi yang tidak secara langsung berhubungan dengan pembeli potensialnya, dan bentuknya bisa beragam tergantung produk yang diiklankan (ide, barang, atau jasa). Periklanan dapat dikatakan sebagai suatu komunikasi massa dan harus dibayar untuk menarik kesadaran, menanamkan informasi, mengembangkan sikap, atau mengharapkan adanya suatu tindakan yang menguntungkan bagi pengiklan

Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian (skripsi dan tesis)

 


Celebrity endorser merupakan pendukung dari suatu produk yang
berperan sebagai penyampaian pesan untuk memperkuat citra suatu merek.
Memilih celebrity endorser yang tepat dan sesuai dengan karakteristik
produk dapat menyakinkan konsumen dalam membuat keputusan
pembelian. Menurut Kotler dan Keller (2009) celebrity endorser
merupakan penggunaan narasumber sebagai figure yang menarik atau
populer dalam iklan, sehingga dapat memperkuat citra dari suatu merek
dalam pikiran pelanggan.
Hasil penelitian Faizan (2014) menyebutkan bahwa celebrity
endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
Mie Sedaap

Pengaruh Persepsi Pada Iklan terhadap Keputusan Pembelian (skripsi dan tesis)

 


Persepsi konsumen terhadap iklan terbentuk dari apa yang dilihat
atau dirasakan konsumen terhadap suatu produk. Persepsi timbul karena
adanya stimulus (rangsangan) dari luar yang mempengaruhi seseorang
untuk melakukan keputusan pembelian terhadap suatu produk. Stimulus
tersebut akan diseleksi, diorganisir, dan diinterprestasikan oleh setiap orang
dengan caranya masing-masing. Hal-hal yang dipikirkan oleh konsumen
atau pandangan konsumen terhadap produk itu berkaitan dengan faktorfaktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk memakai produk
tersebut atau tidak.
Hasil penelitian Wulansari (2014) menunjukkan bahwa persepsi
iklan di televisi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
pembelian produk kosmetik wardah

Pengaruh Persepsi Pada Iklan dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian (skripsi dan tesis)

 


Persepsi pada iklan terbentuk dari apa yang dilihat atau dirasakan
oleh konsumen untuk memilih, mengorganisir serta menafsirkan
rangsangan dari luar yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan
pembelian terhadap suatu produk. Konsumen juga harus diyakinkan
mengenai apa yang ditawarkan kepada mereka, terutama mengenai
kualitas, untuk menciptakan persepsi mereka terhadap produk yang
ditawarkan. Iklan tidak terlepas dari peran celebrity endorser sebagai
pelaku yang menyampaikan informasi dalam sebuah iklan maupun promosi
untuk menyampaikan pesan suatu produk. Celebrity endorser adalah
pendukung iklan atau juga yang dikenal sebagai bintang iklan yang
mendukung produk yang diiklankan (Shimp, 2003). Sehingga penggunaan
bintang iklan diharapkan dapat mempengaruhi persepsi konsumen terhadap
suatu produk untuk membuat keputusan pembelian.
Hasil penelitian Rahma dkk (2013), menyatakan bahwa persepsi
iklan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian. Persepsi positif konsumen terhadap iklan menimbulkan
pembelian karena keputusan konsumen untuk membeli produk yang
disebabkan oleh informasi produk yang jelas dan rinci yang tercantum
dalam iklan media cetak karena iklan merupakan sumber berharga
mengenai produk yang dapat mempengaruhi persepsi iklan. Sedangkan
penelitian lain yang dilakukan Sabrina dkk (2016) menyebutkan bahwa
celebrity endorser berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian
konsumen Produk Kosmetik Wardah

Proses keputusan pembelian (skripsi dan tesis)

 


Proses keputusan pembelian merupakan suatu perilaku
konsumen untuk menentukan proses keputusan membeli pada suatu
produk. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk proses
keputusan pembelian menurut Pricilia (2013) adalah :
1) Need Recognition
Pengenalan kebutuhan merupakan langkah awal dimana
konsumen akan merencanakan membeli suatu produk untuk
memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan ini terbentuk melalui stimulus
yang dapat berasal dari internal konsumen maupun eksternal atau
lingkungan yang mendorong konsumen untuk segera memenuhi
kebutuhan pada saat itu.
2) Information Search
Setelah konsumen mengetahui apa yang mereka butuhkan
maka konsumen akan melakukan pencarian informasi mengenai
produk yang akan dibeli tersebut.
3) Alternative evaluation
Konsumen akhirnya melakukan alternatif evaluasi atas
segala informasi yang telah didapatkan untuk dapat melakukan
pembelian yang sesuai dengan manfaat yang diharapkan konsumen.
4) Purchase
Pembelian produk yang dilakukan oleh konsumen untuk
memenuhi kebutuhannya.
5) Post Purchase
Apabila produk yang telah dibeli oleh konsumen dapat
memberikan manfaat sesuai apa yang diharapkan oleh konsumen,
maka konsumen akan puas. Begitu juga sebaliknya. Konsumen
yang puas terhadap produk yang telah dibelinya akan menimbulkan
kemungkinan terjadinya pengulangan pembelian di toko yang sama
dan akan menimbulkan loyalitas pelanggan.

Indikator celebrity endorser (skripsi dan tesis)


Celebrity endorser menurut Natalia Soesatyo (2013) memiliki indikator sebagai berikut : 1) Source Credibility Kredibilitas menggambarkan persepsi konsumen terhadap keahlian serta pengalaman yang dimiliki seorang celebrity endorser mengenai produk yang diiklankan serta kepercayaan konsumen terhadap celebrity endorseruntuk memberikan informasi yang obyektif. Informasi yang berasal dari celebrity endorser biasanya dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen yang nantinya akan melakukan keputusan pembelian pada suatu produk. 2) Source Atractiveness Celebrity endorser dengan penampilan fisik yang menarik dapat menunjang iklan dan dapat menimbulkan minat audience untuk menyimak atau memperhatikan iklan. Daya tarik celebrity endorser tersebut mencakup similarity, familiaritydan likability. Dimana similarity merupakan persepsi konsumen yang berkenaan dengan kesamaan yang dimiliki dengan celebrity endorser. familiarity adalah pengenalan terhadap narasumber melalui exposure, misalnya penggunaan celebrity endorser dinilai berdasarkan tingkat keseringan tampil di publik. Sedangkan likability adalah kesukaan terhadap narasumber melalui penampilan yang menarik, perilaku yang baik dan karakter lainnya. 3) Source Power Source Power adalah karisma yang dipancarkan oleh narasumber agar dapat mempengaruhi pemikiran konsumen. Karena pernyataan atau pesan yang disampaikan oleh celebrity endorser tersebut nantinya akan mempengaruhi konsumen agar tertarik untuk membeli produk yang diiklankan