Sunday, November 27, 2022

Jenis Loyalitas (skripsi, tesis, disertasi)

 Menurut Griffin (2009) terdapat empat jenis loyalitas yang muncul bila

keterikatan tinggi dan rendah diklarifikasi silang dengan pola pembelian ulang,
yang tinggi dan rendah. Adapun jenis-jenis loyalitas konsumen yaitu :
1. Loyalitas Yang Lemah
Loyalitas yang lemah adalah sebuah jenis loyalitas konsumen adanya
keterikatan yang rendah dengan pembelian ulang yang tinggi. Konsumen
yang mempunyai sikap ini biasanya membeli berdasarkan kebiasaan. Dasar
yang digunakan untuk pembelian jasa atau produk disebabkan oleh faktor
kemudahan. Kesetian jenis ini banyak terjadi terhadap jasa atau produk yang
sering dipakai.
2. Tanpa Loyalitas
Untuk berbagai alasan, ada beberapa konsumen yang tidak mengembangkan
kesetiaan pada layanan jasa atau produk tertentu. Ikatan yang rendah dengan
tingkat yang rendah menunjukkan bahwa tidak ada loyalitas. Pada dasarnya,
perusahaan harus menghindari kelompok tanpa loyalitas ini untuk dijadikan
target pasar karena konsumen tidak akan menjadi konsumen yang setia.
3. Loyalitas Tersembunyi
Jenis loyalitas tersembunyi adalah sebuah kesetian atau keterikatan yang
relatif tinggi yang dikuti dengan tingkat pembelian ulang yang rendah.
Konsumen yang memiliki sikap loyalitas tersembunyi pembelian ulang juga
didasarkan pada pengaruh faktor situasional dari pada sikap konsumen.
4. Loyalitas Premium
Loyalitas ini adalah yang terjadi dimana suatu tingkat keterikatan tinggi yang
berjalan bersama dengan aktivitas pembeliaan kembali. Setiap perusahaan
tentu sangat berharap kesetiaan jenis ini dari setiap usaha yang dijalankan.

No comments:

Post a Comment