Sunday, November 27, 2022

Perilaku Konsumen (skripsi, tesis, disertasi)

 


Menurut Dwiastuti, et.al (2012) Perilaku konsumen merupakan sebuah studi
tentang proses pengambilan keputusan pada individu, kelompok atau organisasi
maupun masyarakat luas untuk menggunakan atau tidak terhadap suatu produk
(barang, jasa dan ide). Proses pengambilan keputusan menjelaskan interaksi
dinamis antara unsur-unsur (elemen) kognitif, efektif dan konatif atau
psikomotorik; yakni dengan pendekatan satu arah (linier) maupun penetapan
timbal balik (reciprocal deterministic).
Definisi Prilaku Konsumen menurut Rahayu (2017) Prilaku konsumen adalah
tindakan-tindakan, proses, dan hubungan sosial yang dilakukan individu,
kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan, menggunakan suatu produk atau
lainnya sebagai suatu akibat dari pengalamannya dengan produk, pelayanan, dan
sumber-sumber lainya.
Berdasarkan uraisan di atas, dapat di simpulkan bahwa perilaku konsumen
merupakan tindakan konsumen dalam proses pengambilan keputusan yang
dilakukan oleh individu, kelompok, organisasi maupun masyarakat luas untuk
mendapatkan, menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai suatu akibat dari
pengalamannya dengan produk, pelayanan, dan sumber-sumber lainya.
Menurut Philip Kotler Dan Kevin Lane Keller (2007) Faktor - faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen adalah :
1. Faktor budaya
Faktor budaya merupakan faktor penentu yang paling dasar dari perilaku
konsumen. Faktor budaya dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
1) Sub budaya
Setiap budaya terdiri dari berbagai sub budaya yang memberikan
banyak ciri dan sosialisasi khusus bagi para anggotaanggotanya. Sub
budaya terdiri dari kelompok nasionalisme, keagamaan, kelompok ras,
dan daerah geografis.
2) Kelas sosial
Pada dasarnya dalam suatu masyarakat pasti memiliki strata sosial.
Kelas sosial dipengaruhi oleh beberapa faktor,seperti pendapatan,
pendidikan, kekayaan dan lainnya. Kelas sosial ini tentunya
menunjukkan pada suatu pemilihan produk atau merek tertentu yang
berkualitas.
2. Faktor sosial
1) Kelompok referensi
Kelompok referensi seseorang terdiri dari semua kelompok yang
memilki pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap sikap atau
perilaku seseorang. Perilaku seseorang sangat dipengaruhi oleh
kelompok referensi mereka sekurang-kurangnya melalui tiga jalau yaitu:
a. Mempengaruhi perilaku dan konsep pribadi seseorang
b. Menciptakan tekanan untuk mengikuti kebiasaan kelompok yang
mungkin mempengaruhi pilihan produk.
c. Kelompok referensi mengajarkan seseorang pada perilaku dan
gaya hidup baru.
2) Keluarga
Keluarga merupakan organisasi pembelian konsumen yang paling
penting dalam masyarakat. Keluarga dibedakan menjadi dua yaitu
keluarga inti: ibu, ayah dan anak yang tinggal bersama dalam satu atap,
dan keluarga besar yaitu, keluarga inti yang ditambah dengan kerabat
lainnya.
3. Faktor pribadi
1) Usia dan tahapan siklus hidup
Seseorang akan melakukan pembelian yang berbeda dalam
kehidupannya. Dan tentunya pemasar akan selalu memilih kelompok
berdasarkan siklus hidup sebagai pasar sasaran mereka.
2) Pekerjaan dan lingkungan ekonomi
Pekerjaan seseorang pada dasarnya sangat mempengaruhi pola
konsumsinya. Sedangkan pilihan produk sangat dipengaruhi oleh
keadaaan ekonomi seseorang. Dengan penghasilan yang dapat
dibelanjakan, tabungan dan aktiva, hutang.
3) Gaya hidup
Pola hidup seseorang yang diekspresikan dengan suatu kegiatan,
minat dan pendapat seseorang. Gaya hidup menggambarkan seseorang
secara keseluruhan terhadap lingkungannya, terhadap orang-orang yang
berasal dari sub budaya, kelas sosial, dan pekerjaan yang sama, akan
dapat memiliki gaya hidup yang berbeda.
4) Kepribadian dan konsep diri
Kepribadian adalah karakteristik, psikologis yang berbeda dengan
orang lain, yang menyebabkan tanggapan ynag relatif konsisten dan
bertahan lama terhadap lingkungannya. Pemasar tentunya berusaha
untuk mengembangkan citra merek yang sesuai dengan citra pribadi
sasarannya.
4. Faktor psikologis Faktor psikologis dipengaruhi oleh empat faktor utama,
antara lain:
1) Motivasi
Motivasi merupakan suatu dorongan kebutuhan dari dalam diri
konsumen yang perlu dipenuhi agar konsumen tersebut dapat
14
menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Motivasi ini adalah suatu
kondisi yang menggerakkan konsumen agar mampu mencapai tujuan
motivasinya.
2) Proses pembelajaran
Proses pembelajaran ini meliputi tingkah laku seseorang yang timbul
dari adanya pengalaman. Pembelajaran ini dihasilkan melalui perpaduan
kerja antara dorongan, rangsangan, petunjuk bertindak, tanggapan dan
penguatan.
3) Persepsi
Adalah proses yang digunakan oleh seorang individu untuk memilih,
mengorganisasi, dan mengintepretasi informasi yang didapatkan guna
menciptakan gambaran yang berarti.
4) Keyakinan dan sikap
Keyakinan akan membentuk suatu citra merek, serta orang akan
bertindak berdasarkan citra tersebut. Sedangkan sikap adalah evaluasi,
perasaan emosional dan suatu tindakan yang dapat menguntungkan atau
tidak menguntungkan, yang akan bertahan lama dari seseorang

No comments:

Post a Comment