Wednesday, July 3, 2024

Faktor – faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Kerja

 


Adapun faktor – faktor yang mempengaruhi efektivitas kerja menurut
Richard M. Steers (1985), yaitu:

  1. Karakteristik Organisasi
    Karakteristik organisasi mempengaruhi efektivitas kerja karena
    menggambarkan struktur yang harus dilalui oleh karyawan dalam
    melakukan pekerjaannya. Struktur organisasi merupakan cara untuk
    menempatkan manusia sebagai bagian dari pada suatu hubungan yang
    relatif tetap yang akan menentukan pola – pola interaksi dan tingkah laku
    yang berorientasi pada tugas.
  2. Karakteristik Lingkungan
    Secara keseluruhan berada dalam lingkungan organisasi seperti
    peralatan, perlengkapan, hubungan antara pegawai dan kondisi kerja. Ciri
    lingkungan ini selalu mengalami perubahan yang artinya memiliki sifat
    ketidakpastian karena selalu terjadi proses dinamisasi.
  3. Karakteristik Pekerja
    Faktor ini yang paling mempengaruhi efektivitas kerja karena meskipun
    sarana dan prasarana begitu lengkap, baiknya mekanisme kerja, namun
    apabila tidak ada dukungan kualitas sumber daya manusia yang
    mengisinya tidak akan ada artinya.
  4. Karakteristik Kebijakan dan Praktek Manajemen
    Praktek manajemen adalah strategi dan mekanisme kerja yang dirancang
    dalam mengkondisikan semua hal yang ada di dalam organisasi.
    Kebijakan dan praktek manajemen ini harus memperhatikan juga unsur
    manusia sebagai individu yang memiliki perbedaan bukan hanya
    mementingkan strategi mekanisme kerja saja. Mekanisme kerja ini
    meliputi penetapan tujuan strategis, pencarian dan pemanfaatan sumber
    daya dan menciptakan lingkungan prestasi, proses komunikasi,
    kepemimpinan, dan pengambilan keputusan yang bijaksana, serta
    adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan inovasi organisasi

No comments:

Post a Comment