Sunday, July 7, 2024

Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas

 


Efektivitas kerja pegawai dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling terkait.
Hasibuan (2017:113) menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor yang
mempengaruhi efektivitas kerja, yaitu:
a) Lingkungan Kerja
Suasana lingkungan dimana pegawai bekerja baik lingkungan fisik seperti
keadaan ruangan, fasilitas dan juga lingkungan non physical seperti
hubungan dengan pegawai lain.
b) Pengawasan
Pengawasan yang dilakukan perusahaan terhadap seluruh pegawai untuk
memastikan bahwa pegawai bekerja sesuai dengan keinginan perusahaan.
c) Disiplin Kerja
Sikap pegawai dalam mematuhi segala peraturan dan norma yang berlaku
di perusahaan termasuk mematuhi segala perintah atasan mengenai tugas
dan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab pegawai di perusahaan,
termasuk penyelesaian tugas sebelum deadline tugas yang diberikan.
d) Motivasi Kerja
Dorongan kuat yang mampu mendorong pegawai untuk bekerja lebih baik
yang disebabkan adanya motif dan harapan.
e) Kompensasi
Besar kompensasi yang diberikan perusahaan untuk apa yang dikerjakan
oleh pegawai, baik kompensasi financial seperti bonus, gaji, jaminan
kesehatan dan lain-lain, serta kompensasi non financial seperti promosi
jabatan, pujian, penambahan waktu cuti dan lain sebagainya

No comments:

Post a Comment