Wednesday, July 3, 2024

Nilai Perusahaan

 


Sebuah perusahaan wajib memberikan nilai yang dapat menjaga
kualitas, menarik perhatian serta mempertahankan (Sumiati & Indrawati, 2019).
Menurut Gunardi et al. (2022), nilai perusahaan adalah sebuah kondisi di mana
suatu perusahaan akan mendapat kepercayaan masyarakat dengan kegiatan
operasional sejak perusahaan tersebut berdiri. Nilai perusahaan dapat dikatakan
sebuah harga yang dijual berdasarkan kesepakatan yang dapat dibayarkan
pembeli. Franita (2018) menjelaskan bahwa nilai perusahaan berkaitan dengan
peluang investasi apabila terbentuk dari indikator nilai pasar saham. Keterkaitan
tersebut akan membuat pertumbuhan perusahaan di masa depan memberikan
nilai positif, sehingga nilai perusahaan dapat meningkat.
Tujuan dari adanya nilai perusahaan adalah untuk menjelaskan kondisi
perusahaan saat ini kepada pihak luar perusahaan (pemegang saham, masyarakat
umum, dan calon investor) melalui indikator harga saham. Harga saham yang
tinggi dan rendah akan mempengaruhi calon investor terhadap perusahaan.
Harga saham tersebut akan membuat calon investor menentukan apakah
perusahaan tersebut layak untuk diberikan investasi. Pengembalian kepada
investor yang semakin tinggi menjelaskan bahwa harga saham perusahaan
tersebut berada di tingkat tinggi, sehingga tujuan perusahaan untuk
memaksimalkan kemakmuran pemegang saham dapat terwujud karena nilai
perusahaan tinggi (Franita, 2018)

No comments:

Post a Comment