Tuesday, March 24, 2020

Keterkaitan TSTS dengan Cinta Tanah Air (skripsi dan tesis)

Sikap cinta tanah air berarti cinta pada negeri tempat kita memperoleh penghidupan semenjak lahir sampai akhir hayat. Seseorang yang cinta tanah air senantiasa berusah agar negerinya tetap aman, sentosa dan sejahtera. Cinta tanah air dan bangsa adalah suatu sikap yang dilandasi ketulusan dan keikhlasan yang diwujudkan dalam perbuatan untuk kejayaan tanah air dan kebahagiaan bangsanya. Menurut Goode (2016), cinta tanah ait adalah menerima tanah air apa adanya, dan memusatkan energi mereka pada tugas dan kewajiban pribadi sebagawai warga Negara seperti melakukan pekerjaan mereka, bekerja untuk keluarga dan lain-lain. Sedangkan menurut Kucherenko (2011), cinta tanah air akan mendorong tanggung jawab sipil warga Negara.
Salah satu dapat dikatakan mempunyai sikap cinta tanah air yaitu ketika seorang tersebut perilaku atau tindakanya sesuai dengan ciri sikap cinta tanah air. Mustari (2014: 160) mengungkapkan bahwa salah satu indikator cinta tanah air yaitu memiliki sikap tenggang rasa sesama manusia. Dalam pembelajaran TSTS ini siswa nanti diminta mempunyai rasa menghargai kepada sesama teman saat menjelaskan materi yang didapat.
Salah satu pembelajaran yang dapat mengembangkan sikap cinta tanah air adalah model pembelajaran TSTS. Dalam pembelajaran ini siswa nanti di minta untuk berkelompokk kemudian dua orang menyebar ke kelompok lain untuk menjelaskan. Saat menjelaskan materi ke kelompok lain siswa nanti di minta untuk menghargai temannya yang sedang menjelaskan materi pembelajaran. Melalui metode inilah sikap menghargai yang mencerminkan sikap cinta tanah air dapat dikembangkan.
Pembelajaran ini baik untuk membantu siswa dalam membangun sikap cinta tanah air. Hal ini di dukung oleh Santoso (2011: 179)) yang menyatakan bahwa model pembelajaran TSTS mempunyai kelebihan menambah kekompakan dan menghargai teman sebayanya. Dalam artian pembelajaran ini dapat meningkatkan salah satu ciri sikap cinta tanah air siswa.

No comments:

Post a Comment