Thursday, June 27, 2024

Brand Awareness dengan Brand Attitude

 


Brand Awareness merupakan langkah awal bagi setiap konsumen
terhadap setiap produk atau merek baru yang ditawarkan melalui
periklanan. Jadi, dengan adanya iklan diharapkan dapat menciptakan
kesadaran akan merek tertentu yang nantinya akan menjadikan
seseorang ingin melakukan aktivitas pembelian, sehingga melalui
iklan akan membuat merek mencapai tujuannya. Menurut Herdana
(2015) menyatakan konsumen cenderung membeli suatu produk dengan
merek yang sudah dikenal ataupun yang sudah diingat, dibandingkan
dengan produk yang terdengar asing ditelinga mereka.
Sikap konsumen terhadap merek dapat diartikan sebagai
penyampaian apa yang diharapkan pembeli agar dapat memuaskan
kebutuhan-kebutuhan pembeli. Kudeshia & Kumar (2017) menyatakan
bahwa sikap terhadap merek memiliki pengaruh positif terhadap niat
pembelian.
Jung dan Seock (2016) menunjukkan hasil yang positif dan
siginifikan antara pengaruh brand awareness terhadap brand attitude.
Dalam penelitiannya disebutkan bahwa produk yang memiliki brand
awareness tinggi lebih mudah membangun kepercayaan konsumen
(kognitif) kesukaan terhadap merek (afektif) dan juga tindakan pembelian
(konatif). Suatu produk dengan awareness yang tinggi akan mudah
diingat kembali dari benak konsumen dan dapat dijadikan
pertimbangan alternatif dalam pengambilan keputusan untuk pemilihan
suatu brand tertentu.  

No comments:

Post a Comment