Saturday, June 29, 2024

Pengertian Ekuitas Merek

 


Ekuitas merek harus didefinisikan berdasarkan efek pemasaran yang
secara unik dapat diatributkan ke sebuah merek. Ekuitas merek terkait
dengan fakta bahwa akan diperoleh hasil yang berbeda dari pemasaran
suatu produk atau jasa karena mereknya, dibandingkan dengan hasil bila
produk atau jasa yang sama tidak teridentifikasi oleh merek tersebut
(Kotler, 2008).
Kotler (2007) Ekuitas Merek (brand equity) adalah nilai tambah
yang diberikan pada produk dan jasa. Ekuitas merek dapat tercermin
dalam cara konsumen berfikir, merasa, dan bertindak dalam hubungannya
dengan merek, dan juga harga, pangsa pasar, dan profitabilitas yang
diberikan merek bagi perusahaan. Prinsip dari model ekuitas merek
berbasis pelanggan adalah bahwa kekuatan merek terletak pada apa yang
dilihat, dibaca, didengaar, dipelajari, dipikirkan dan dirasakan pelanggan
tentang merek sepanjang waktu, (Kotler, 2008)

No comments:

Post a Comment