Marconi (1994) menyebutkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap loyalitas terhadap merek adalah sebagai berikut :
- Nilai (harga dan kualitas), penggunaan suatu merek dalam waktu yang
lama akan mengarahkan pada loyalitas, karena itu pihak perusahaan
harus bertanggung jawab untuk menjaga merek tersebut. - Citra, citra dari perusahaan dan merek diawali dengan kesadaran.
- Kenyamanan dan kemudahan untuk mendapatkan merek.
- Kepuasan yang dirasakan oleh konsumen.
- Pelayanan, dengan kualitas pelayanan yang baik yang ditawarkan oleh
suatu merek dapat mempengaruhi loyalitas konsumen pada merek. - Garansi dan jaminan yang diberikan oleh merek.
Menurut Giddens (2010) konsumen yang loyal terhadap suatu merek
memiliki pola pikir sebagai berikut : - Memiliki komitmen pada merek tersebut.
- Berani membayar lebih pada merek tersebut bila dibandingkan dengan
merek yang lain. - Akan merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain
No comments:
Post a Comment