Saturday, June 29, 2024

Tingkatan Kesadaran Merek

 


Berikut adalah tingkatan dari kesadaran merek menurut Darmadi, et al
(2004):

  1. Unaware Of Brand (tidak menyadari merek) merupakan tingkat paling
    rendah dalam pengukuran kesadaran merek. Untuk pengukuran brand
    unaware dilakukan observasi terhadap pertanyaan pengenalan brand
    awareness sebelumnya dengan melihat responden yang jawabannya tidak
    mengenal sama sekali atau yang menjawab tidak tahu ketika ditunjukkan
    photo produknya.
  2. Brand Recognition (pengenalan merek) merupakan pengukuran brand
    awareness responden dimana kesadarannya diukur dengan diberikan
    bantuan. Pertanyaan yang diajukan dibantu dengan menyebutkan ciri-ciri
    dari produk merek tersebut (aided question). Pertanyaan diajukan untuk
    mengetahui seberapa banyak responden yang perlu diingatkan akan
    keberadaan merek tersebut. Pengukuran pengenalan brand awareness
    selain mengajukan pertanyaan dapat dilakukan dengan menunjukkan foto
    yang menggambarkan ciri-ciri merek tersebut. Brand Recognition
    (pengenalan merek) adalah tingkat minimal kesadaran merek dimana
    pengenalan suatu merekmuncul lagi setelah dilakukan pengingatan
    kembali lewat bantuan.
  3. Brand Recall (pengingatan kembali) terhadap merek tanpa bantuan
    (unaided recall), atau pengingatan kembali merek mencerminkan merek-
    merek apa yang diingat responden setelah menyebutkan merek yang
    pertama kali disebut. Brand Recall merupakan multi response question.
  4. Top Of Mind (puncak pikiran) merupakan merek yang disebutkan pertama
    kali oleh konsumen atau yang pertama kali muncul dalam benak
    konsumen. Dengan kata lain, merek tersebut merupakan utama dari
    berbagai merek yang ada dalam benak konsumen. Top Of Mind adalah
    single respons question artinya satu responden hanya boleh memberikan
    satu jawaban untuk pertanyaan ini.
    Membangun kesadaran merek biasanya dilakukan dalam periode waktu
    yang lama karena penghafalan bisa berhasil dengan repetisi dan penguatan. Dalam
    kenyataan, merek-merek dengan tingkat pengingatan yang tinggi biasanya
    merupakan merek-merek berusia tua. 

No comments:

Post a Comment