Saturday, June 29, 2024

Dimensi Kualitas Produk

 


Dimensi kualitas produk menurut David Gravin dalam buku Fandi
Tjiptono (2016) adalah:

  1. Kinerja (Performance) yaitu karakteristik atau fungsi utama suatu
    produk yang kita beli. Biasanya ini menjadi pertimbangan pertama
    kita dalam membeli suatu produk.
  2. Kehandalan (Reliability) yaitu kemungkinan suatu barang berhasil
    menjalankan fungsinya setiap kali digunakan dalam periode waktu
    tertentu dan dalam kondisi tertentu juga.
  3. Daya tahan (Durability) berkaitan berapa lama produk tersebut
    dapat secara terus digunakan.
  4. Estetika (Asthethic) yaitu daya tarik produk terhadap panca indera.
  5. Kualitas yang dipersepsikan (Perceived Quality) yaitu persepsi
    konsumen terhadap keseluruhan kualitas atau keunggulan suatu
    produk. Biasanya, karena kurangnya pengetahuan pembeli akan
    atribut atau ciri produk yang akan dibeli maka pembeli
    mempersepsikan kualitasnya dari aspek harga, nama merek, iklan,
    reputasi perusahaan, maupun negara pembuatanya.
  6. Dimensi Kemudahan Perbaikan (Serviceability) meliputi kecepatan,
    kemudahan, penganan keluhan yang memuaskan. Pelayaanan yang
    diberikan tidak terbatas hanya sebelum penjulan, tetapi juga selama
    proses penjualan hingga purna jual yang mencangkup pelayanan
    reparasi dan ketersediaan komponen yang dibutuhkan.
  7. Ciri-ciri atau keistimewaan tambahan (Features) yaitu karakteristik
    sekunder atau pelengkap.
  8. Keseuaian dengan spesifikasi ( Conformance to Spesification) yaitu
    sejauh mana karakteristik desain dan operasi memenuhi standar yang
    telah ditetapkan sebelumnya.

No comments:

Post a Comment