Dimensi kualitas produk menurut David Gravin dalam buku Fandi
Tjiptono (2016) adalah:
- Kinerja (Performance) yaitu karakteristik atau fungsi utama suatu
produk yang kita beli. Biasanya ini menjadi pertimbangan pertama
kita dalam membeli suatu produk. - Kehandalan (Reliability) yaitu kemungkinan suatu barang berhasil
menjalankan fungsinya setiap kali digunakan dalam periode waktu
tertentu dan dalam kondisi tertentu juga. - Daya tahan (Durability) berkaitan berapa lama produk tersebut
dapat secara terus digunakan. - Estetika (Asthethic) yaitu daya tarik produk terhadap panca indera.
- Kualitas yang dipersepsikan (Perceived Quality) yaitu persepsi
konsumen terhadap keseluruhan kualitas atau keunggulan suatu
produk. Biasanya, karena kurangnya pengetahuan pembeli akan
atribut atau ciri produk yang akan dibeli maka pembeli
mempersepsikan kualitasnya dari aspek harga, nama merek, iklan,
reputasi perusahaan, maupun negara pembuatanya. - Dimensi Kemudahan Perbaikan (Serviceability) meliputi kecepatan,
kemudahan, penganan keluhan yang memuaskan. Pelayaanan yang
diberikan tidak terbatas hanya sebelum penjulan, tetapi juga selama
proses penjualan hingga purna jual yang mencangkup pelayanan
reparasi dan ketersediaan komponen yang dibutuhkan. - Ciri-ciri atau keistimewaan tambahan (Features) yaitu karakteristik
sekunder atau pelengkap. - Keseuaian dengan spesifikasi ( Conformance to Spesification) yaitu
sejauh mana karakteristik desain dan operasi memenuhi standar yang
telah ditetapkan sebelumnya.
No comments:
Post a Comment