Sunday, June 30, 2024

Indikator harga

 


Menurut Kotler dan Armstrong dalam Suri dan Oloan (2017:663), ada empat
indikator harga, yaitu:

  1. Keterjangkauan harga
    Harga yang diberikan perusahaan atas produknya dapat dicapai oleh
    konsumennya. Harga yang sesuai dan terjangkau tentunya akan menjadi
    pertimbangan konsumen untuk membeli produknya.
  2. Harga sesuai dengan kualitas produk
    Harga yang diberikan perusahaan terhadap produk sesuai dengan kualitas produk
    yang dihasilkannya, misalnya jika harganya tinggi maka kualitas produk yang
    diberikan berkualitas tinggi, sehingga konsumen pena tidak keberatan jika mereka
    membeli produk.
  3. Daya Saing Harga
    Di pasar, perusahaan juga harus memperhatikan fakta bahwa harga yang diberikan
    memiliki daya saing yang tinggi terhadap pesaingnya. Jika harga yang diberikan
    terlalu tinggi di atas harga pesaingnya, produk tersebut tidak akan memiliki posisi
    bersaing yang baik.
  4. Kesesuaian Harga dengan Manfaat
    Manfaat memiliki produk harus sesuai dengan harga yang diberikan perusahaan
    terhadap produknya. Adalah baik jika harga tinggi memiliki posisi kompetitif yang
    baik.

No comments:

Post a Comment