Saturday, June 29, 2024

Ciri-ciri pelanggan yang loyal

 


“A loyal customer is one who makes regular repeat purchases across
product and service lines, refers others and demonstrates an immunity to
the pull of the competition” Griffin (2005) Artinya, pelanggan yang loyal
adalah pelanggan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a. Melakukan pembelian secara berulang (makes regular repeat
purchases), artinya konsumen yang loyal terhadap suatu produk,
mereka akan selau setia membeli produk yang dihasilkan oleh
perusahaan tersebut selama produk yang mereka beli itu dapat
memuaskan kebutuhan mereka.
b. Pembelian antar lini produk dan jasa (purhases across product and
service lines), artinya konsumen yang loyal tidak puas hanya dengan
membeli suatu produk dari perusahaan tersebut tetap mereka akan
berusaha untuk membeli dan nmendapatkan produk-produk yang
dihasilkan oleh perusahaan yang sama karena bagi mereka apabila
mereka dapat menggunakan produk dari perusahaan yang sama
maka dalam fikiran mereka akan mendapatkan kepuasan tersendiri.
c. Mereferensikan kepada orang lain (refers others), hal ini
menunjukan bahwa konsumen yang setia akan merekomendasikan
hal-hal yang positif mengenai produk atau jasa dari suatu perusahaan
kepada rekan dan keluarganya, serta meyakinkan mereka bahwa
produk atau jasa tersebut merupakan produk yang baik.
d. Menunjukan kekebalan terhadap tawaran pesaing (demonstrates an
immunity to the pull of the competition) hal ini manujukan bahwa
pelanggan yang loyal akan menolak untuk mempertimbangkan
tawaran produk atau jasa dari pesaiing karena produk atau jasa yang
dikonsumsi saat ini telah memberikan kesetujuan yang akhirnya
berujung pada loyalitas konsumen terhadap produk atau jasa
tersebut

No comments:

Post a Comment