Menurut Kotler dan Keller (2016:491), ada beberapa faktor penentu yang harus
diperhatikan perusahaan dalam menetapkan harga, yaitu:
- Mengidentifikasi permintaan produk dan pesaing
Banyaknya permintaan produk dan jumlah pesaing juga mempengaruhi harga jual,
sehingga menentukan harga tidak hanya berdasarkan biaya produksi, distribusi dan
promosi. - Target pasar untuk dilayani atau dijangkau
Semakin banyak Anda menetapkan target tinggi, semakin akurat penetapan harga
yang dibutuhkan. - Bauran pemasaran sebagai strategi
- Produk baru
Jika produk baru, harga tinggi atau rendah dapat ditentukan, tetapi kedua strategi
memiliki kelebihan dan kekurangan. Harga tinggi dapat menutupi biaya penelitian,
tetapi juga dapat mencegah produk bersaing di pasar. Sedangkan dengan harga
yang rendah jika terjadi kesalahan dalam ramalan pasar, maka pasar akan terlalu
rendah dari yang diharapkan. Maka biaya tidak dapat ditutup dan perusahaan dapat
mengalami kerugian. - Respon Pesaing
Dalam pasar yang semakin kompetitif, respon para pesaing tersebut harus selalu
dikendalikan oleh perusahaan agar perusahaan dapat secara menguntungkan
menetapkan harga yang dapat diterima pasar. - Biaya produk dan perilaku biaya
- Kebijakan atau peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah dan lingkungan
No comments:
Post a Comment