Sunday, June 30, 2024

Faktor-Faktor Harga

 


Menurut Kotler dan Keller (2016:491), ada beberapa faktor penentu yang harus
diperhatikan perusahaan dalam menetapkan harga, yaitu:

  1. Mengidentifikasi permintaan produk dan pesaing
    Banyaknya permintaan produk dan jumlah pesaing juga mempengaruhi harga jual,
    sehingga menentukan harga tidak hanya berdasarkan biaya produksi, distribusi dan
    promosi.
  2. Target pasar untuk dilayani atau dijangkau
    Semakin banyak Anda menetapkan target tinggi, semakin akurat penetapan harga
    yang dibutuhkan.
  3. Bauran pemasaran sebagai strategi
  4. Produk baru
    Jika produk baru, harga tinggi atau rendah dapat ditentukan, tetapi kedua strategi
    memiliki kelebihan dan kekurangan. Harga tinggi dapat menutupi biaya penelitian,
    tetapi juga dapat mencegah produk bersaing di pasar. Sedangkan dengan harga
    yang rendah jika terjadi kesalahan dalam ramalan pasar, maka pasar akan terlalu
    rendah dari yang diharapkan. Maka biaya tidak dapat ditutup dan perusahaan dapat
    mengalami kerugian.
  5. Respon Pesaing
    Dalam pasar yang semakin kompetitif, respon para pesaing tersebut harus selalu
    dikendalikan oleh perusahaan agar perusahaan dapat secara menguntungkan
    menetapkan harga yang dapat diterima pasar.
  6. Biaya produk dan perilaku biaya
  7. Kebijakan atau peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah dan lingkungan

No comments:

Post a Comment