Saturday, June 29, 2024

Pengertian Merek

 


Menurut American Marketing Association mendefinisikan merek
sebagai “nama istilah, tanda, lambang, atau desain, atau kombinasi, yang
dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa dari salah satu
penjualan atau kelompok penjual dan mendiferensiasikan mereka dari
para pesaing”(Kotler, 2008). Merek mempengaruhi persepsi konsumen
terhadap produk yang akan dibeli maka persaingan antar perusahaan
adalah persaingan persepsi bukan produk (Tjiptono 2011). Maka merek
adalah produk atau jasa yang dimensinya mendiferensiasikan merek
tersebut dengan beberapa cara dari produk atau jasa lainnya yang
dirancang untuk memuaskan kebutuhan yang sama. Perbedaan ini bisa
fungsional, rasional, atau nyata-berhubungan dengan kinerja produk dari
merek.
Salah satu hal yang memegang peranan penting dalam pemasaran
adalah merek. Terdapat perbedaan atara produk dengan merek. Produk
merupakan sesuatu yang dihasilkan oleh pabrik dan mudah ditiru oleh
para pesaing. Sedangkan merek merupakan sesuatu yang dibeli oleh
konsumen, memiliki nilai dan identitas atau ciri tertentu yang dilindungi
secara hukum sehingga tidak dapat ditiru oleh pesaing. Kotler (2008)
bahwa merek adalah janji perusahaan untuk mengantarkan sekumpulan
fitur, manfaat, pelayanan, dan pengalaman tertentu secara konsisten
kepada pembeli.

No comments:

Post a Comment