Kesadaran merek artinya kesanggupan seorang calon pembeli untuk
mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari
kategori produk tertentu (Kotler dan Keller, 2016). Kesadaran merek terdiri dari
kinerja brand recognition dan brand recall. Brand recognition adalah kemampuan
konsumen untuk mengenal suatu merek ketika diberikan pilihan merek sebagai
isyarat. Brand recall adalah kemampuan konsumen untuk mengingat merek dari
ingatan ketika diberikan kategori produk, kebutuhan terpenuhi oleh kategori, atau
pembelian atau penggunaan situasi sebagai petunjuk (Kotler dan Keller, 2016).
Menurut Durianto (2004) pengenalan maupun pengingatan merek akan
melibatkan upaya mendapatkan identitas nama dan menghubungkannya ke
kategori produk. Agar kesadaran merek dapat dicapai dan diperbaiki dapat
ditempuh beberapa cara berikut :
- Pesan yang disampaikan harus mudah diingat dan tampil beda
dibandingkan dengan lainnya serta harus ada hubungan antara merek
dengan kategori produknya. - Memakai slogan maupun jingle lagu yang menarik sehingga membantu
konsumen untuk mengingat merek. - Jika produk memiliki simbol, hendaknya simbol yang dipakai dapat
dihubungkan dengan mereknya tersebut. - Perluasan nama merek dapat dipakai agar merek semakin banyak diingat
pelanggan. - Kesadaran merek dapat diperkuat dengan memakai suatu isyarat yang
sesuai kategori produk, merek, atau keduanya. - Melakukan pengulangan untuk meningkatkan pengingatan, karena
membentuk ingatan lebih sulit dibandingkan membentuk pengenalan
No comments:
Post a Comment