Saturday, June 29, 2024

Asosiasi Merek (Brand Association)

 


Aaker (1997:160) mengatakan bahwa asosiasi merek adalah segala
hal yang berkaitan dengan ingatan mengenai suatu merek. Durianto
(2004:69) mendefinisikan asosiasi merek adalah segala kesan yang terkait
dengan ingatan suatu merek. Berbagai asosiasi merek yang saling
berhubungan akan menimbulkan suatu rangkaian yang disebut dengan citra
merek.
Apabila terdapat banyak asosiasi yang berhubungan maka citra
merek akan semakin kuat pada suatu produk. Menurut Durianto (2004:70)
Asosiasi-asosiasi yang terkait dengan suatu merek umumnya dihubungkan
dengan berbagai hal berikut;
a. Atribut Produk
b. Atribut tak berwujud
c. Manfaat bagi pelanggan
d. Harga relative
e. Penggunaan
f. Pengguna pelanggan
g. Orang terkenal atau khalayak
h. Gaya hidup/kepribadian
i. Kelas produk
j. Para pesaing
k. Negara/wilayah geografis

No comments:

Post a Comment