Thursday, June 27, 2024

Kredibilitas Celebrity Endorser dengan Brand Attitude

 


Salah satu cara kreatif dalam mempromosikan suatu produk berupa
iklan adalah dengan menggunakan celebrity endorser. Celebrity endorser
dapat mempengaruhi pembentukan sikap positif pada suatu merek (Rosi
dan Andjarwati, 2013). Celebrity endorser juga dapat mempengaruhi
konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk (Hapsari, 2008).
Pemakaian celebrity endorser harus melalui beberapa
pertimbangan, diantaranya adalah tingkat popularitas selebriti dengan
permasalahan apakah selebriti yang dipilih dapat mewakili karakter
produk yang sedang diiklankan. Selebriti harus mampu memberikan
informasi tentang merek dan atribut produk yang menyenangkan,
meyakinkan dan menarik perhatian masyarakat umum, (Septi Herawati
,2016). Memanfaatkan selebriti sebagai endorser dirasa memang lebih
mudah memengaruhi psikologi konsumsi konsumen.
Penggunaan celebrity akan membuat informasi positif dan negatif.
Misalnya dengan menggunakan celebrity para konsumen lebih percaya
akan kualitas produk dari brand yang diiklankan karena para celebrity
tersebut memiliki image bagus yang tentunya membuat para konsumen
lebih yakin bahwa produk yang diiklankannya aman. Namun sebaliknya
apabila celebrity yang digunakan memiliki image yang buruk tentunya
para konsumen menilai bahwa produk yang diiklankan tidak aman dan hal
tersebut akan membuat para konsumen merasa menerima informasi yang
negatif dari celebrity tersebut (Wan Dian Safina ,2019).

No comments:

Post a Comment