Saturday, June 29, 2024

Elemen-elemen Ekuitas Merek (Brand Equity)

 


Elemen utama dalam ekuitas merek ada empat menurut Killa, (2008);
Chang et al, (2008).
a. Kesadaran Merek (Brand Awarness) adalah kesanggupan calon
pembeli untuk mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan
bagian dari kategori merek tertentu. Peran kesadaran merek dalam
keseluruhan ekuitas merek tergantung dari sejauh mana tingkatan
kesadaran yang dicapai oleh suatu merek.
b. Asosiasi Merek (Brand Association) adalah segala hal yang
berkaitan dengan ingatan mengenai merek. Asosiasi itu tidak hanya
eksis namun juga memiliki suatu tingkat kekuatan. Keterkaitan pada
suatu merek akan lebih kuat apabila dilandasi pada banyak
pengalaman atau penampakan untuk mengkomunikasikannya.
c. Kesan Kualitas (percevied Quality) adalah persepsi pelanggan
terhadap keseluruhan kualitas atau keunggulan suatu produk atau
jasa layanan yang terkait dengan maksud yang diharapkan.
d. Loyalitas Merek (Brand loyalty) mencerminkan tingkat keterkaitan
konsumen dengan suatu merek produk.
e. Aset merek lainnya sepeerti Hak paten, stempel dagang, saluran
distribusi dan lain-lain

No comments:

Post a Comment