Saturday, June 29, 2024

Citra Perusahaan

 


Broomley (2010) yang dikutip dari Roslina (2010) menyatakan bahwa
citra perusahaan adalah persepsi eksternal stakeholder berdasarkan akumulasi
pengalaman terhadap organisasi. Sedangkan menurut Rowley (1997) yang dikutip
dari Roslina (2010) mengemukakan bahwa citra perusahaan merupakan persepsi
dari konsumen, konsumen potensial ataupun target sasaran terhadap sebagian atau
keseluruhan fitur perusahaan. Hal yang sama diungkapkan oleh Kotler dan Keller
(2000) yang dikutip dari Roslina (2010) yang menyatakan citra perusahaan
merupakan asosiasi yang ada pada pikiran konsumen terhadap suatu perusahaan
yang menghasilkan barang atau menyediakan jasa untuk konsumen.
Smith (1993) yang dikutip dari Roslina (2010) menyatakan bahwa
beberapa faktor yang membentuk citra perusahaan, yaitu:

  1. Produk atau jasa, termasuk kualitas produk dan keperdulian terhadap
    konsumen.
  2. Tanggung jawab sosial, keanggotaan perusahaan, perilaku etis, dan
    masalah kemasyarakatan.
  3. Lingkungan, termasuk kantor, showroom, dan pabrik.
  4. Komunikasi termasuk periklanan, hubungan masyarakat, komunikasi
    personal, brosur, dan program identitas perusahaan (corporate identity
    program).

No comments:

Post a Comment