Thursday, June 27, 2024

Dimensi Brand Awareness

 


Menurut Kaller dalam Soehadi (2016:10) untuk mengukur seberapa jauh
konsumen aware terhadap suatu brand, terdapat empat dimensi, yaitu:

  1. Unware of Brand (tidak menyadari merek), merupakan tingkat paling
    rendah dimana pelanggan tidak menyadari akan adanya suatu merek.
  2. Brand Recognition (pengenalan merek), tingkat minimal dari kesadaran
    merek, brand recognition diukur ketika pelanggan diberi bantuan terhadap
    ciri-ciri dari produk dan brand perusahaan.
  3. Brand Recall (ingat kembali terhadap merek), mengingat kembali terhadap
    merek didasarkan pada permintaan seseorang untuk menyebutkan merek
    tertentu dalam suatu kelas produk. Hal ini diartikan dengan mengingat
    kembali tanpa bantuan, karena berada dari tugas pengenalan.
  4. Top of Mind (puncak pikiran), apabila seorang ditanya secara langsung
    tanpa diberi bantuan mengingat dan dia menyebutkan satu nama merek,
    maka merek yang paling banyak disebutkan merupakan puncak pikiran
    dari pelanggan karena mereka mengingat diawal.

No comments:

Post a Comment