Menurut Kaller dalam Soehadi (2016:10) untuk mengukur seberapa jauh
konsumen aware terhadap suatu brand, terdapat empat dimensi, yaitu:
- Unware of Brand (tidak menyadari merek), merupakan tingkat paling
rendah dimana pelanggan tidak menyadari akan adanya suatu merek. - Brand Recognition (pengenalan merek), tingkat minimal dari kesadaran
merek, brand recognition diukur ketika pelanggan diberi bantuan terhadap
ciri-ciri dari produk dan brand perusahaan. - Brand Recall (ingat kembali terhadap merek), mengingat kembali terhadap
merek didasarkan pada permintaan seseorang untuk menyebutkan merek
tertentu dalam suatu kelas produk. Hal ini diartikan dengan mengingat
kembali tanpa bantuan, karena berada dari tugas pengenalan. - Top of Mind (puncak pikiran), apabila seorang ditanya secara langsung
tanpa diberi bantuan mengingat dan dia menyebutkan satu nama merek,
maka merek yang paling banyak disebutkan merupakan puncak pikiran
dari pelanggan karena mereka mengingat diawal.
No comments:
Post a Comment