Dimensi Keputusan Pembelian yang dikemukakan oleh Kotler & Keller yang
dilakukan oleh pembeli (Aryatilandi dkk., 2020), yaitu:
- Product Choice, konsumen berhak memilih produk apa yang ingin dibeli.
- Brand Choice, konsumen akan mengambil keputusan merek mana yang akan dibeli.
- Dealer choice, pertimbangan konsumen dengan lokasi, harga dan kenyamanan
berbelanja. - Purchase amount, kebutuhan konsumen seberapa banyak barang yang akan dibeli.
- Purchase timing, keputusan waktu pembelian para konsumen yang berbeda-beda.
- Payment method, transaksi pembelian konsumen.
Terdapat empat indikator keputusan pembelian yang dilakukan oleh pembeli
menurut Kotler (Senggetang dkk., 2019), yaitu: - Kemantapan pada sebuah produk
Kemantapan atau kestabilan suatu produk memainkan peran penting dalam proses
pengambilan keputusan pembelian. Ketika seseorang mempelrtimbangkan untuk
membeli sebuah produk, mereka ingin memastikan bahwa produk tersebut
memiliki mutu kualitas yang baik, harga yang terjangkau, serta faktor-faktor lain
yang bisa menguatkan keinginan konsumen dalam membeli produk. - Kebiasaan dalam membeli produk
Kebiasaan konsumen saat membeli produk juga mempengaruhi keputusan
pembelian. Konsumen merasa bahwa produk tersebut melekat pada mereka, karena
konsumen merasakan manfaat dari produk tersebut. Sehingga, konsumen tidak
merasa aman bila mencoba produk baru dan membiasakan diri lagi, mereka
cenderung memilih produk yang telah biasa digunakan. - Memberikan rekomendasi kepada orang lain
Dalam melaksanakan pembelian, jika konsumen mendapatkan manfaat dari produk
yang dibeli, konsumen pasti akan merekomendasikan produk tersebut kepada orang
lain. Konsumen tersebut ingin orang lain merasakan bahwa produk yang dibeli
sangat bagus dan lebih baik dari produk lain. - Melakukan pembelian ulang
Pembelian ulang merupakan salah satu kebiasaan dalam keputusan pembelian yang
sering dilakukan oleh konsumen, hal ini mengacu pada kecenderungan konsumen
untuk membeli kembali produk yang telah mereka beli sebelumnya.
No comments:
Post a Comment