Thursday, June 27, 2024

Dimensi dan Indikator Keputusan Pembelian

 


Dimensi Keputusan Pembelian yang dikemukakan oleh Kotler & Keller yang
dilakukan oleh pembeli (Aryatilandi dkk., 2020), yaitu:

  1. Product Choice, konsumen berhak memilih produk apa yang ingin dibeli.
  2. Brand Choice, konsumen akan mengambil keputusan merek mana yang akan dibeli.
  3. Dealer choice, pertimbangan konsumen dengan lokasi, harga dan kenyamanan
    berbelanja.
  4. Purchase amount, kebutuhan konsumen seberapa banyak barang yang akan dibeli.
  5. Purchase timing, keputusan waktu pembelian para konsumen yang berbeda-beda.
  6. Payment method, transaksi pembelian konsumen.
    Terdapat empat indikator keputusan pembelian yang dilakukan oleh pembeli
    menurut Kotler (Senggetang dkk., 2019), yaitu:
  7. Kemantapan pada sebuah produk
    Kemantapan atau kestabilan suatu produk memainkan peran penting dalam proses
    pengambilan keputusan pembelian. Ketika seseorang mempelrtimbangkan untuk
    membeli sebuah produk, mereka ingin memastikan bahwa produk tersebut
    memiliki mutu kualitas yang baik, harga yang terjangkau, serta faktor-faktor lain
    yang bisa menguatkan keinginan konsumen dalam membeli produk.
  8. Kebiasaan dalam membeli produk
    Kebiasaan konsumen saat membeli produk juga mempengaruhi keputusan
    pembelian. Konsumen merasa bahwa produk tersebut melekat pada mereka, karena
    konsumen merasakan manfaat dari produk tersebut. Sehingga, konsumen tidak
    merasa aman bila mencoba produk baru dan membiasakan diri lagi, mereka
    cenderung memilih produk yang telah biasa digunakan.
  9. Memberikan rekomendasi kepada orang lain
    Dalam melaksanakan pembelian, jika konsumen mendapatkan manfaat dari produk
    yang dibeli, konsumen pasti akan merekomendasikan produk tersebut kepada orang
    lain. Konsumen tersebut ingin orang lain merasakan bahwa produk yang dibeli
    sangat bagus dan lebih baik dari produk lain.
  10. Melakukan pembelian ulang
    Pembelian ulang merupakan salah satu kebiasaan dalam keputusan pembelian yang
    sering dilakukan oleh konsumen, hal ini mengacu pada kecenderungan konsumen
    untuk membeli kembali produk yang telah mereka beli sebelumnya.

No comments:

Post a Comment