Thursday, June 27, 2024

Faktor-Faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian

 


Kotler dan Amstrong menyatakan ada empat faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan pembelian (Mindari, 2020), yaitu:

  1. Faktor budaya, budaya mempunyai pengaruh yang paling luas dan paling dalam
    terhadap keputusan pembelian, Pemasar harus memahami perang yang dimainkan
    oleh kultur, subkultur dan kelas social pembeli.
  2. Faktor sosial, keputusan pembelian juga akan dipengaruhi oleh faktor sosial seperti
    kelompok acuan, keluarga, peran dan status dari konsumen.
  3. Faktor Pribadi, keputusan pembelian juga akan dipengaruhi oleh usia dan tahap
    siklus hidup pembeli, pekerjaan dan lingkungan ekonomi, kepribadian, konsep diri
    serta gaya hidup dan nilai.
  4. Faktor psikologis, pilihan pembelian seseorang juga dipengaruhi oleh faktor
    psikologis.

No comments:

Post a Comment